Sempat Sesak Napas, Wakil Bupati Kubu Raya Positif COVID-19

Kondisi Sujiwo kini semakin membaik

Jakarta, IDN Times - Wakil Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sujiwo mengumumkan dirinya bersama dua orang terdekatnya terpapar COVID-19. Saat ini, dia sedang menjalani isolasi mandiri di rumah pribadinya.

"Saat ini saya sedang terkonfirmasi COVID-19. Namun, kondisi saya dalam keadaan baik dan saya sedang isolasi mandiri di rumah," kata Sujiwo melalui video singkatnya, seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga: Ini Deretan Menteri dan Kepala Daerah yang Positif COVID-19

1. Sujiwo berkontak dengan orang yang terpapar COVID-19

Sempat Sesak Napas, Wakil Bupati Kubu Raya Positif COVID-19Ketua Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Yenny Wahid bersama Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, saat menghadiri Istigasah Qubro Muslimat NU Kalbar, di Qubu Resort Kabupaten Kubu Raya, Minggu (17/3). (Foto: ANTARA/Rendra Oxtora)

Sujiwo menceritakan, dia melakukan tes swab pada Sabtu, 26 September 2020. Hal ini karena, dia merasa berkontak dengan seseorang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Mengetahui hal tersebut, saya langsung berinisiatif untuk melakukan tes usap dan menghubungi Dinkes Kubu Raya. Dengan aktivitas yang cukup tinggi, saya tidak ingin menjadi penular bagi orang lain. Sehingga saat mengetahui saya melakukan kontak dengan orang yang terkonfirmasi COVID-19, maka saya langsung melakukan isolasi mandiri," ungkapnya.

2. Hasil tes swab baru keluar hari ini

Sempat Sesak Napas, Wakil Bupati Kubu Raya Positif COVID-19Ilustrasi Tes Usap/PCR Test (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sujiwo melanjutkan, hasil tes swab miliknya baru ke luar tadi pagi. Hasilnya, dia dan dua orang yang ada di dekatnya terkonfirmasi positif COVID-19.

"Dua orang tersebut antara lain, petugas pengamanan melekat (Pamkat), saya dan satu anggota media center yang selalu mengikuti saya. Kondisi mereka juga baik saat ini dan kami semua sudah isolasi mandiri," ujar dia.

3. Sujiwo sempat sesak napas dan badan seperti remuk

Sempat Sesak Napas, Wakil Bupati Kubu Raya Positif COVID-19Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo (ANTARA/Rendra Oxtora)

Beberapa hari sebelumnya, Sujiwo sempat merasakan kelelahan, sesak napas dan badan seperti remuk. Kini, dia memastikan kondisinya semakin membaik.

"Ini sudah saya lewati beberapa hari yang lalu. Namun saat ini, kondisi saya semakin membaik," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Sujiwo memohon doa masyarakat agar dia dan orang-orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 segera sembuh.

"Untuk itu saya juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak, selalu menggunakan masker dan menjaga kesehatan," ucap Sujiwo.

Baca Juga: 10 Pejabat dan Tokoh Publik di Aceh yang Terpapar COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya