Comscore Tracker

Setneg Siapkan Keppres, Listyo Sigit Segera Dilantik Jadi Kapolri

Pelantikan Listyo Sigit dilakukan sebelum akhir Januari 2021

Jakarta, IDN Times - Pihak Istana sudah menerima surat persetujuan DPR tentang pemberhentian dan pengangkatan kapolri. Surat itu telah diterima Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang didampingi Sekretaris Menteri Sekretaris Negara (Sesmensesneg) Setya Utama.

Selain itu, Istana juga menerima surat penyampaian calon anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Dewas LPI) dari unsur profesional.

"Kedua surat yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Sesjen DPR RI), Indra Iskandar, kepada Mensesneg di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat ( 22/1/2021) pukul 10.40 WIB," demikian bunyi keterangan tertulis yang dikutip dari laman setneg.go.id.

Baca Juga: Profil Komjen Listyo Sigit, Kapolri Pilihan Jokowi yang Disetujui DPR

1. DPR sudah setuju Sigit diangkat jadi kapolri

Setneg Siapkan Keppres, Listyo Sigit Segera Dilantik Jadi KapolriSekretariat Negara Menerima Surat Persetujuan Nama Calon Kapolri dan Calon Anggota Dewas LPI dari Unsur Profesional (Website/setneg.go.id)

Ketua DPR Puan Maharani dalam suratnya menyebutkan, rapat paripurna pada Kamis (21/1/2021) telah menyetujui laporan Komisi III untuk mengangkat Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri. Sigit akan menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang segera memasuki masa pensiun. 

Sementara pada surat lainnya, Puan juga menyebutkan, DPR menyetujui nama-nama calon anggota Dewas LPI dari unsur profesional yaitu Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.

2. Setneg siapkan Keppres pengangkatan Listyo Sigit

Setneg Siapkan Keppres, Listyo Sigit Segera Dilantik Jadi KapolriKabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Berdasarkan persetujuan DPR tersebut, selanjutnya akan ditetapkan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai kapolri dan Keppres tentang Pengangkatan Dewas LPI yang keanggotaannya terdiri dari Menteri Keuangan, Menteri BUMN, dan unsur profesional.   

Pelantikan kapolri yang baru akan dilakukan sebelum masa tugas Idham Azis berakhir pada akhir Januari 2021.

3. DPR sahkan Komjen Listyo Sigit jadi kapolri

Setneg Siapkan Keppres, Listyo Sigit Segera Dilantik Jadi KapolriKabareskrim Polri yang juga Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) memberikan keterangan pers usai mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di Lobi Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sebelumnya, DPR melalui rapat paripurna mengesahkan Listyo Sigit sebagai kapolri. Keputusan tersebut sesuai dengan laporan Komisi III DPR terkait hasil uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri.

"Apakah laporan dari Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan terhadap calon kapolri tersebut dapat disetujui?" ujar Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin rapat paripurna ke-12 masa sidang III tahun sidang 2020-2021 yang disiarkan langsung YouTube DPR RI, Kamis (21/1/2021).

Pertanyaan tersebut pun dijawab setuju oleh seluruh peserta sidang paripurna. Pada rapat tersebut hadir 91 orang secara fisik, 204 orang melalui virtual, dan 47 orang izin. Sehingga, kuorum rapat telah tercapai.

Sebelumnya, pada uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri yang dilaksanakan Rabu (20/1/2021), makalah "Transformasi Menuju Polri yang Presisi" Listyo Sigit mendapat banyak pujian dari fraksi-fraksi di Komisi III DPR. Misalnya saja anggota Komisi III dari Fraksi PKS Achmad Dimyati mengatakan, makalah tersebut mendapat skor sembilan dari 10.

Walaupun demikian, Fraksi Partai Demokrat memberikan tujuh catatan untuk Listyo Sigit saat menjabat posisi tertinggi di Kepolisian Indonesia. Salah satunya yaitu, Listyo harus mampu membawa citra baru Polri ke masyarakat.

Baca Juga: [BREAKING] Tok! DPR Sahkan Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Topic:

  • Axel Joshua Harianja
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya