Soal Isu Prabowo Jadi Menhan, Ngabalin: Alhamdulillah

Gerindra bantah minta jatah kursi menteri

Jakarta, IDN Times - Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin, menanggapi isu Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang mendapat jatah kursi sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

"Kalaulah nanti benar seperti yang ditulis banyak orang dan yang kita dengar terkait kemungkinan beliau menjadi Menteri Pertahanan atau lain-lain, saya Alhamdulillahirobbilalamin," kata Ngabalin di Cosmo Amaroossa Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (16/10).

1. Prabowo bisa memberikan kontribusi terhadap sistem pertahanan negara

Soal Isu Prabowo Jadi Menhan, Ngabalin: AlhamdulillahIDN Times/Axel Jo Harianja

Ngabalin menilai, Prabowo sudah memiliki latar belakang militer yang luar biasa. Menurutnya, Prabowo juga bisa memberikan kontribusi terhadap sistem kerja pertahanan negara.

"Ya mudah-mudahan (Prabowo Menhan) amin, insyaallah," jelasnya.

Selain itu, terkait isu tokoh Gerindra yakni, Fadli Zon dan Edy Prabowo ditawarkan masuk ke dalam kabinet, Ngabalin belum dapat memastikannya.

"Fadli zon, gak tahu ya. (Kalau Edi) Rumor yang beredar kan diusulkan begitu. Mudah-mudahan iya," ungkap Ngabalin.

Baca Juga: Diundang Prabowo ke Hambalang, Ini Kata Sandiaga Uno

2. Gerindra bantah minta jatah kursi menteri

Soal Isu Prabowo Jadi Menhan, Ngabalin: AlhamdulillahIDN Times/Irfan Fathurohman

Juru bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, membantah adanya tudingan Gerindra meminta jatah tiga menteri dalam kabinet pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin.

"Pada prinsipnya, Pak Prabowo siap membantu bangsa dan negara di mana pun posisinya. Yang jelas, Beliau aktif menyampaikan pemikiran-pemikirannya untuk kepentingan rakyat," kata Dahnil seperti dilansir kantor berita Antara, 5 Oktober.

Hal itu disampaikan Dahnil untuk mengklarifikasi pemberitaan yang menyatakan Gerindra akan diberikan tiga Kementerian dan tiga tokoh Gerindra yakni, Fadli Zon, Sandiaga Uno dan Edy Prabowo ditawarkan menjadi menteri.

3. Prabowo dari awal tidak pernah bicara soal jabatan menteri secara spesifik

Soal Isu Prabowo Jadi Menhan, Ngabalin: AlhamdulillahANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Prabowo, kata Dahnil, sejak awal tidak pernah berbicara secara spesifik tentang jabatan menteri dengan siapa pun. "Dalam setiap pertemuan, Pak Prabowo bersama Pak Jokowi serta tokoh lain, termasuk Ibu Megawati, Beliau tidak pernah menyampaikan permintaan posisi menteri."

"Beliau hanya menyampaikan ingin berkontribusi di mana pun posisi, baik dalam pemerintahan atau oposisi, Beliau menawarkan konsepsi," lanjut mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Dahnil menyebutkan Prabowo memberikan perhatian khusus kepada konsepsi kedaulatan pangan, energi, ekonomi, pertahanan, dan keamanan.

"Solusi-solusi dan program yang bisa dikembangkan oleh pemerintahan Jokowi, Beliau tawarkan kepada Pak Jokowi dan kawan-kawan. Silakan, Pak Prabowo sangat terbuka membantu demi bangsa dan negara," kata dia.

Baca Juga: Sandi dan Fadli Zon Tolak Kursi Menteri, Dahnil: Mungkin Edhy Prabowo

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya