Soal-Soal Debat Capres Diserahkan ke Moderator Debat Sejak Siang

Kerahasiaan soal-soal tersebut sangat dijaga

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan soal debat capres dari panelis ke moderator debat Minggu (17/2) siang tadi. Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, hal itu dilakukan untuk menjaga kerahasiaan dari soal debat. 

"Insyaallah nanti pukul 12.00 WIB, atau pukul 14.00 WIB (Soal diserahkan ke moderator). Biar terjaga kerahasiaannya," ucap dia kepada wartawan di Hotel Sultan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (17/2).

1. Gladi Bersih dimulai pukul 14.00 WIB

Soal-Soal Debat Capres Diserahkan ke Moderator Debat Sejak SiangIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Wahyu mengatakan, untuk gladi bersih acara debat akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB. Seluruh rangkaian debat akan dipersiapkan dalam gladi tersebut.

"Insyaallah kami merencanakan (gladi bersih) pukul 14.00 WIB kami akan melakukan geladi bersih antara pihak terkait meliputi TV penyelenggara TKN, dan BPN, pihak hotel, kemudian keamanan dalam hal ini Paspampres, TNI, dan Polri untuk memastikan bahwa rencana dapat dilaksanakan sebagai mana mestinya," ucap Wahyu. 

2. KPU nilai debat kedua akan berbeda dibanding debat perdana

Soal-Soal Debat Capres Diserahkan ke Moderator Debat Sejak SiangDok. IDN Times

Debat capres hari ini akan diselenggarakan di Hotel Sultan pukul 20.00 WIB. Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sudah ditetapkan menjadi Moderator dalam debat itu. Wahyu mengatakan, KPU akan menjanjikan akan ada hal berbeda dari debat pertama. Khususnya satu sesi yang dipegang oleh moderator. 

"Segmen ke empat kita menamai ada sesi eksploratif kemudian sesi lima ada inspirasi. Kita meyakinkan mekanisme debat yang berbeda dengan debat pertama," kata Wahyu. 

"Kita berharap format ini akan lebih memungkinkan kandidat tampil lebih bersinar, natural dan lebih eksploratif untuk sampaikan gagasan besar menyampaikan menyangkut visi misi dan program masing-masing," ujar Wahyu menambahkan.

3. Tim Gabungan keamanan negara siap mengamankan jalannya debat kedua

Soal-Soal Debat Capres Diserahkan ke Moderator Debat Sejak SiangANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Sebanyak 200 personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) akan membantu mengamankan jalannya debat capres kedua yang akan digelar di Golden Ballroom Hotel Sultan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (17/2). Asisten Operasi Paspampres, Prabowo mengatakan bahwa jumlah personel yang diturunkan cukup untuk memastikan keamanan acara.

"Mencukupi, Paspampres kurang lebih 200 orang," ujarnya.

Tak hanya Paspampres, Polda Metro Jaya menyatakan pengaturan dan pengamanan debat capres akan dilakukan hingga Simpang Semanggi dan sekitarnya. Sebanyak 2.981 personel gabungan TNI-Polri hingga Pemprov akan dilibatkan demi keamanan selama debat berlangsung.

"Pengamanan ini dasarnya adalah surat dari KPU yang akan menyelenggarakan debat putaran kedua. Setelah kami mengevaluasi dan informasi dari intelijen, kami menurunkan 2.981 personel gabungan Polri-TNI dan pemerintah," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jumat lalu.

Baca Juga: Lokasi Debat Capres Kedua Bakal Dijaga 200 Paspampres Nanti Malam

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya