Terjerat Narkoba, Medina Zein dan Ibra Azhari Digiring ke Puslabfor

Keduanya akan dicek sudah berapa lama mengonsumsi narkoba

Jakarta, IDN Times - Aktor Indonesia era 1990-an, Ibrahim Salahuddin (IB) atau yang lebih dikenal dengan nama Ibra Azhari serta pebisnis sekaligus influencer, Medina Zein (MZ) digiring ke Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor), Kalimalang, Jakarta Timur.

Keduanya diketahui ditangkap karena terjerat kasus narkoba.

Keduanya keluar dari Rutan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya sekitar pukul 14.10 WIB. Ibra sempat mengatakan bahwa kondisinya sehat. Sedangkan Medina, diam tanpa kata sembari menutupi wajahnya dengan jaket.

"(Ibra dan Medina dibawa ke Puslabfor) untuk tes rambut. Untuk mengetahui berapa lama dia sudah menggunakan narkotika," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (30/12).

1. Kasus Medina Zein diduga ada keterkaitan dengan Ibra

Terjerat Narkoba, Medina Zein dan Ibra Azhari Digiring ke Puslabforinstagram.com/medinazein

Ibra Azhari ditangkap polisi pada Sabtu (21/12) lalu. Selang seminggu kemudian, tepatnya Sabtu (28/12), polisi menangkap Medina Zein (MZ).

"Ini ada keterlibatan yang bersangkutan (Medina Zein) hasil pengembangan dari salah satu tersangka yang sebelumnya sudah kita amankan yaitu Ibra," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (30/12) pagi.

"Urine positif mengandung amphetamine ya" kata Yusri lagi.

Untuk sementara, polisi memastikan bahwa Medina adalah pemakai narkoba. Saat ini, Medina telah ditahan di Rutan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya.

"Kita sedang melakukan pendalaman terhadap beberapa handphone yang ada. Apakah ada kemungkinan keterkaitan yang lain, termasuk ada beberapa artis yang lain nanti coba kita dalami semuanya. Nanti kita sampaikan ke media," ungkap Yusri.

Baca Juga: Lagi, Ibra Azhari Diciduk Polisi karena Konsumsi Narkoba

2. Ibra Azhari positif konsumsi narkoba jenis sabu

Terjerat Narkoba, Medina Zein dan Ibra Azhari Digiring ke PuslabforIbra Azhari ditangkap karena mengonsumsi narkoba jenis sabu (IDN Timesl/Axel Joshua)

Ibra sebelumnya ditangkap pada Sabtu (21/12) lalu di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dia ditangkap bersama beberapa tersangka lainnya.

"Ada seseorang IS yang mengedarkan dan mengonsumsi (narkoba). Melalui IS, ada wanita yang akan mengantar barbuk (barang bukti) inisial MH, (dan) langsung diamankan saat mengantarkan. Kemudian dikembangkan lagi, MH akan mengantarkan pesanan ke IB (Ibra)," kata Yusri dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (23/12).

Selain Ibra, IS dan MH, keesokan harinya polisi menangkap empat orang tersangka lainnya. Mereka adalah UW, JT dan H. Mereka diamankan di kawasan Batu Merah, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Para tersangka juga positif mengonsumsi narkoba jenis sabu.

"Total semuanya tujuh (tersangka) masih didalami keterlibatan dan peran masing-masing," ujarnya.

3. Ibra sudah empat kali ditangkap polisi

Terjerat Narkoba, Medina Zein dan Ibra Azhari Digiring ke PuslabforKabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Yusri menjelaskan, saudara dari Ayu Azhari, Sarah Azhari, dan Rahma Azhari itu, pernah ditangkap polisi karena kasus yang sama. Ia ditangkap karena mengonsumsi narkoba jenis sabu pada tahun 2000, 2003, dan 2010.

"Ini sudah kali keempat (Ibra) berurusan dengan kepolisian dengan kasus yang sama. Kita akan proses sampai dengan tuntas," jelas Yusri.

4. Ibra terancam hukuman penjara 20 tahun

Terjerat Narkoba, Medina Zein dan Ibra Azhari Digiring ke PuslabforIbra Azhari ditangkap karena konsumsi narkoba (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Di tempat yang sama, Wakil Direktur (Wadir) Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya, AKBP Sapta Maulana Marpaung mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih mendalami kasus tersebut. Menurutnya, tak menutup kemungkinan polisi mengungkap tersangka lainnya.

"(Para tersangka dikenakan) Pasal 112, 114 Undang-Undang (UU) Narkotika. Ancaman (penjara) maksimal 20 tahun," ungkapnya.

Baca Juga: Influencer Medina Zein Ditangkap Terkait Kasus Narkoba Ibra Azhari

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya