[FOTO] Terminal Bus dan Stasiun Kereta di Ibu Kota Sepi Jelang Lebaran

Karena pandemik COVID-19, warga tak bisa mudik lebaran

Jakarta, IDN Times - Lebaran tahun 2020 mungkin tidak sepadat tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena, Indonesia dan ratusan negara lainnya tengah dilanda wabah virus corona.

Kendati mudik tegas dilarang oleh pemerintah, Gugus Tugas mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020. Isinya berupa aturan pengecualian bagi individu yang bekerja di sektor tertentu dan boleh meninggalkan ibu kota karena kepentingan pekerjaan. Alhasil, sejumlah layanan transportasi publik yang semula terhenti, kemudian beroperasi kembali, antara lain bus, pesawat, kapal dan kereta api. 

Namun, ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi agar bisa menggunakan layanan tersebut. Pemerintah mewanti-wanti walau mereka diizinkan menggunakan transportasi publik tetapi aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) harus dipatuhi, antara lain dengan menjaga jarak dan mengenakan masker.

IDN Times pada Jumat (15/5) kemudian berkeliling melihat kondisi layanan transportasi publik di Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Stasiun Gambir, dan juga Stasiun Pasar Senen. Sebagian besar layanan transportasi di titik-titik itu sudah terlihat sepi. 

Ada dua kemungkinan mengapa stasiun dan terminal sepi. Pertama, mereka sudah kembali ke kampung halaman sebelum ada larangan mudik dan kedua, warga memilih menunda mudik hingga ada kelonggaran peraturan. Berikut potret situasi layanan transportasi publik di beberapa titik yang berhasil diabadikan oleh IDN Times

1. Stasiun Gambir terlihat sepi. Pada Jumat (15/5), hanya 50 penumpang yang diberangkatkan lewat program Kereta Luar Biasa (KLB)

[FOTO] Terminal Bus dan Stasiun Kereta di Ibu Kota Sepi Jelang LebaranStasiun Gambir (IDN Times/Dian Ayu Gustanty)

2. Stasiun Gambir hanya beroperasi pada pukul 07:15 WIB dan 08:30 WIB. Sedangkan, siang hari Stasiun Gambir tak memberangkan kereta sama sekali. Hanya KRL Commuterline yang melintas

[FOTO] Terminal Bus dan Stasiun Kereta di Ibu Kota Sepi Jelang LebaranStasiun Gambir (IDN Times/Dian Ayu Gustanty)

3. Stasiun Pasar Senen tidak seperti Lebaran tahun sebelumnya. Sepi tak bernyawa.

[FOTO] Terminal Bus dan Stasiun Kereta di Ibu Kota Sepi Jelang LebaranStasiun Pasar Senen (IDN Times/Dian Ayu Gustanty)

4. Bila Lebaran tahun 2019, ruang tunggu keberangkatan biasanya dipenuhi pemudik, kini sepi

[FOTO] Terminal Bus dan Stasiun Kereta di Ibu Kota Sepi Jelang LebaranStasiun Pasar Senen (IDN Times/Dian Ayu Gustanty)

5. Ruang tunggu keberangkatan di Terminal Pulo Gebang di siang bolong terlihat sunyi dan senyap

[FOTO] Terminal Bus dan Stasiun Kereta di Ibu Kota Sepi Jelang LebaranSuasana di Terminal Pulogebang saat masa Pandemik COVID-19 (IDN Times/Axel Jo Harianja)

6. Bus yang biasanya tampak berjejer, kini tak terlihat. Dalam sehari, hanya tiga bus yang beroperasi

[FOTO] Terminal Bus dan Stasiun Kereta di Ibu Kota Sepi Jelang LebaranTerminal Bus Pulo Gebang (IDN Times/Dian Ayu Gustanty)

Semoga pandemik ini segera berlalu, dan masyarakat dapat beraktivitas seperti semula.

Topik:

Berita Terkini Lainnya