Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi Moderator Debat Capres Kedua 

Ini sudah disetujui pihak BPN dan TKN

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU), hari ini, telah menentukan moderator debat capres kedua yang akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019 mendatang.

Ketua KPU, Arief Budiman sebelumnya mengatakan, finalisasi penentuan nama moderator diputuskan dalam rapat bersama kedua tim pemenangan capres-cawapres di Gedung KPU, hari ini, Jumat (25/1).

1. Debat kedua dipandu dua moderator

Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi Moderator Debat Capres Kedua Instagram/@tomtjok @anishadasuki

Arief menyatakan, sejumlah hal yang harus dipersiapkan untuk debat capres kedua tersebut dibahas dalam rapat hari ini. Salah satunya ialah penetapan moderator debat. Setelah berdiskusi dengan kedua perwakilan tim pemenangan capres-cawapres yakni Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, KPU menetapkan Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki menjadi moderator debat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, KPU wajib untuk mendapat persetujuan tim kampanye capres-cawapres sebelum menetapkan nama moderator.

"Kami sepakati Moderatornya, kami tetap menggunakan pola dua moderator, pertama Tommy Tjokro, kedua Anisha Dasuki," kata Arief  Budiman dalam rapat persiapan debat kedua yang digelar di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/1).

2. Kedua moderator akan diminta kesediaannya terlebih dahulu

Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi Moderator Debat Capres Kedua IDN Times/ Axel Jo Harianja

Arief mengatakan, usai rapat tersebut, KPU akan menghubungi Tommy dan Anisha untuk diminta kesediannya sebagai moderator debat.

"Kami akan hubungi yang bersangkutan dulu. Kalau bersedia maka jalan, kalau tidak bersedia maka batal," ujar Arief.

3. Anisha Dasuki sudah dihubungi pihak KPU

Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi Moderator Debat Capres Kedua Instagram/@anishadasuki

Kepada IDN Times, Anisha Dasuki mengaku sudah dihubungi oleh KPU yang meminta kesediaannya menjadi moderator debat kedua capres.

"Baru saja ditelepon KPU. Alhamdulillah, pasti bersedia. Doakan semoga semua lancar," tutur Anisha kepada IDN Times, Jumat (25/1) petang.

3. Kedua moderator ialah presenter di Inews Tv

Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi Moderator Debat Capres Kedua IDN Times/Istimewa

Kedua moderator yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki merupakan jurnalis sekaligus presenter TV. Saat ini, mereka sama-sama menjalankan tugas di stasiun televisi Inews TV.

Debat kedua pilpres akan digelar pada hari Minggu, 17 Februari 2019. Peserta debat kali ini adalah calon presiden, sedangkan calon wakil presiden tidak diwajibkan untuk hadir. Tema yang dibahas dalam debat adalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta dan disiarkan Empat stasiun televisi, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya