TPNPB-OPM Akui Tembak Mati Seorang Anggota TNI di Papua

Pemerintah diminta berunding bersama pimpinan TPNPB-OPM

Jakarta, IDN Times - Kontak senjata kembali terjadi antara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), dengan pasukan TNI-Polri. Dalam kontak senjata tersebut, anggota TNI atas nama Prada Ginanjar tewas tertembak.

"TPNPB KODAP VIII Intan Jaya di bawah pimpinan Sabinus Waker bertanggung jawab. Penyerang ini dipimpin langsung oleh Komandan KOMPI yaitu O. Kogeya," kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom kepada IDN Times, Senin (15/2/2021).

1. Pemerintah Indonesia diminta mencari solusi agar perang tidak berlanjut

TPNPB-OPM Akui Tembak Mati Seorang Anggota TNI di Papua(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebby mengatakan, sampai saat ini baku tembak masih berlanjut. Eskalasi konflik TPNPB dengan TNI-Polri, kata Sebby, juga semakin meningkat. Ia berharap, Pemerintah Indonesia mau mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Bahwa perang pembebasan nasional yang dilakukan oleh pasukan TPNPB tidak akan berhenti. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia membuka diri dan bersedia duduk di meja perundingan bersama pimpinan TPNPB dan semua elemen perjuangan, guna mencari solusi," ucapnya.

Baca Juga: Pangdam Cendrawasih: KKB Tembak Satgas Apter di Intan Jaya Papua

2. Prada Ginanjar ditembak mengenai pinggang hingga tembus ke perut

TPNPB-OPM Akui Tembak Mati Seorang Anggota TNI di PapuaAnggota TNI ditembak di Papua (Dok. TPNPB)

Sementara itu, Kapen Kogabwilhan III Kolonel CZI IGN Suriastawa mengatakan, Prada Ginanjar Arianda ditembak di Pos peninjauan Kampung Mamba Distrik Sugapa. Ginanjar ditembak pukul 08.23 WIT, mengenai pinggang hingga tembus ke perut.

"Korban langsung dievakuasi dengan menggunakan heli ke Timika dan dinyatakan meninggal dunia saat evakuasi, kurang lebih pukul 09.23 WIT. Saat dilakukan pembersihan oleh tim, ditemukan satu butir amunisi dan satu selongsong ukuran 5,56 mm," katanya lewat keterangan tertulis.

3. Pelaku penembakan masih dikejar

TPNPB-OPM Akui Tembak Mati Seorang Anggota TNI di PapuaIlustrasi Penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Suriastawa mengatakan, Prada Ginanjar Arianda (22) merupakan anggota Satgas Yonif R 400/BR, dari satuan Yonif 406 Brigif 4 di bawah Kodam IV/Diponegoro.

Jenazah Ginanjar segera dimakamkan di kampung halamannya Desa Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat. Dia menambahkan, pelaku penembakan hingga saat ini masih dikejar.

“Pimpinan dan keluarga besar TNI mengucapkan bela sungkawa atas gugurnya putra terbaik TNI di medan tugas demi membela bangsa dan negara,” ujar Suriastawa.

Baca Juga: Anggota TNI Korban Penembakan KKB di Intan Jaya Dievakuasi ke Timika

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya