Usai Benny dan Hary, Giliran Heru Hidayat Jadi Tersangka Jiwasraya

Ada tiga tersangka yang telah ditetapkan Kejagung

Jakarta, IDN Times - Kejaksaan Agung hari ini kembali memeriksa sembilan orang saksi terkait kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya.

Total, ada tiga orang saksi yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dari sembilan orang tersebut. Terbaru, Komisaris PT. Trada Alam Minera (TRAM) Heru Hidayat, yang ditetapkan jadi tersangka.

Baca Juga: [BREAKING] Kasus Jiwasraya, Komisaris PT Hanson Benny Jadi Tersangka

1. Kuasa hukum kaget Heru jadi tersangka

Usai Benny dan Hary, Giliran Heru Hidayat Jadi Tersangka JiwasrayaKuasa Hukum Heru, Susilo Aribowo (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Kuasa hukum Heru, Susilo Aribowo membenarkan, kliennya telah ditetapkan sebagai tersangka. Bahkan, Heru juga langsung ditahan selama 20 hari ke depan.

"Memang selaku penasihat hukum saya menyayangkan penahanan ini karena urgensinya tidak ada menurut saya," kata Susilo di Gedung Tindak Pidana Khusus, Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (14/1).

"Perannya Heru, itu soal nanti. Perlu ditanyakan ke Kejagung. Saat ini belum bisa dijelaskan. Kaget juga saya karena tadi pagi baru dipanggil sebagai saksi," sambungnya.

Meski begitu, Susilo mengatakan, pihaknya akan menghormati proses hukum yang berlaku.

2. Benny Tjokro dan Hary Prasetyo juga jadi tersangka

Usai Benny dan Hary, Giliran Heru Hidayat Jadi Tersangka JiwasrayaPengacara Benny Tjokro, Muchtar Arifin (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Salah satu saksi yang diperiksa untuk kedua kalinya adalah Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro. Usai diperiksa, sekitar pukul 17.07 WIB, Benny tiba-tiba keluar dan masuk ke dalam mobil tahanan. Ia pun tak berkomentar.

Pengacara Benny, Muchtar Arifin mengatakan, kliennya itu telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Bagi saya itu (penetapan tersangka) aneh. Gak ngerti apa alat buktinya," katanya.

Muchtar mengatakan, tidak ada penjelasan dari penyidik mengapa Benny ditetapkan sebagai tersangka.

"Tentu saya kecewa. Orang Jiwasraya saja yang harusnya bertanggung jawab, belum diapa-apain," ujarnya.

Selain Benny, mantan Direktur Keuangan PT Jiwasraya, Hary Prasetyo pun turut digelandang ke mobil tahanan. Dia juga enggan berkomentar.

3. Ini beberapa saksi yang diperiksa Kejagung hari ini

Usai Benny dan Hary, Giliran Heru Hidayat Jadi Tersangka Jiwasraya(Gedung Asuransi Jiwa Jiwasraya, Cikini, Jakarta) IDN Times/Irfan Fathurohman

Selain mereka bertiga, Kejagung memeriksa enam orang saksi lainnya. Mereka adalah Karyawati Jiwasraya Agustin Widhiastuti, Kepala Bagian Pengembangan Dana Jiwasraya Mohammad Rommy, Pensiunan Jiwasraya Syahmirwan, dan Kepala Seksi Divisi Dana Pensiun Lembaga Keuangan Jiwasraya Anggoro Sri Setiaji.

Kemudian, Eks Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim dan pihak swasta dari Institutional Equity Sales PT Trimegah Securities, Meitawati Edianingsi. Diketahui, hingga kini Kejagung telah memeriksa 34 saksi terkait kasus Jiwasraya.

Baca Juga: Titik Terang Jiwasraya, Kuartal II Uang Nasabah Bakal Cair 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya