Ribuan Personel TNI-Polri Cegah Warga Mudik, Tol Layang Japek Ditutup

Masyarakat yang tetap mudik akan dipulangkan

Jakarta, IDN Times - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Asep Adi Saputra, mengatakan Operasi Ketupat 2020 dimajukan untuk melarang masyarakat mudik.

"Operasi Ketupat 2020 secara resmi dimulai pada hari Jumat 24 April 2020 sampai dengan H+7 setelah Idul Fitri," kata Asep di Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (23/4).

1. Masyarakat yang tetap mudik akan dipulangkan

Ribuan Personel TNI-Polri Cegah Warga Mudik, Tol Layang Japek DitutupANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Asep menjelaskan jika ada masyarakat yang nekat mudik, pihaknya akan langsung meminta mereka berputar balik.

"Yang akan dilibatkan dalam Operasi ini sejumlah 175 ribu personel TNI-Polri, Dinas Pehubungan, Dinas Kehehatan, Satpol-PP dan stakeholder lainnya," ungkap Asep.

2. Ada 19 check point yang akan dijaga agar masyarakat tidak mudik

Ribuan Personel TNI-Polri Cegah Warga Mudik, Tol Layang Japek DitutupDirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo (Dok. Ditlantas PMJ)

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya menyiapkan pos pengamanan terpadu sebanyak 19 pos yang berfungsi sebagai check point.

Hal itu dalam rangka mencegah masyarakat melaksanakan mudik lebaran saat pandemik virus corona atau COVID-19.

"Pertama, tiga check point ada di Pintu Tol Cikarang Barat arah Jawa Barat, Pintu Tol Cimanggis arah Bogor, dan Pintu Tol Bitung arah Merak," kata Sambodo dalam live streaming di Instagram Humas Polda Metro Jaya, Rabu (22/4).

Selanjutnya, ada 16 check point yang disiapkan di jalur arteri. Di kawasan Tangerang Kota ada lima titik yakni, di Lippo Karawaci, Batu Ceper, Ciledug, Kebon Nanas dan Jatiuwung. Untuk di Tangerang Selatan ada dua checkpoint yaitu di Jalan Raya Puspitek dan Kecamatan Curug.

"Wilayah Depok ada dua (check point) yakni Jalan Raya Bogor Cibinong dan Citayam. Wilayah Bekasi Kota ada tiga yaitu Sumber Arta, Bantar Gebang, dan Cakung," katanya.

Di Kabupaten Bekasi, ada empat titik yakni perbatasan Bogor dan Cianjur di Cibarusah, perbatasan Kabupaten Karawang di Kedung Waringin, Bojongmangu, dan Pebayuran.

3. Polisi akan melakukan pemeriksaan dan penyekatan di 19 check point

Ribuan Personel TNI-Polri Cegah Warga Mudik, Tol Layang Japek DitutupPetugas gabungan dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan memberi pengarahan khusunya pengendara yang tidak memakai masker di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/20120). Mulai hari ini (Jum'at) Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk kendaraan umum dan pribadi. (IDN Times/Herka Yanis)

Sambodo melanjutkan, di 19 check point tersebut polisi melakukan pemeriksaan dan penyekatan. Dia mengatakan, larangan mudik ini hanya berlaku bagi angkutan penumpang baik pribadi atau pun umum termasuk pengguna sepeda motor.

"Jadi pelarangan mudik ini tidak berlaku bagi truk angkutan barang dan logistik terutama untuk sembako kebutuhan sehari-hari," jelas Sambodo.

Berikutnya, pergerakan orang di dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya yakni, Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi masih diperbolehkan.

Dia mencontohkan, para pekerja yang berasal dari Depok masih diperbolehkan ke Jakarta. Begitu juga sebaliknya.

"Yang dibatasi adalah pergerakan manusia keluar dari wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi," jelasnya.

4. Jalan tol layang Jakarta-Cikampek akan ditutup

Ribuan Personel TNI-Polri Cegah Warga Mudik, Tol Layang Japek DitutupAntara

Sambodo menuturkan, pihaknya juga menggelar Operasi Ketupat 2020 terkait larangan mudik ini. Operasi ini mulai berlaku Jumat (24/4) pukul 00.00 WIB, hingga H+7 lebaran.

Selama Operasi Ketupat berlangsung, Jalan Tol Layang Jakarta–Cikampek atau Jakarta-Cikampek Elevated akan ditutup.

"Mengapa? Karena tol elevated itu hanya untuk kendaraan kecil dan penumpang. Karena kendaraan kecil dan penumpang sudah tidak boleh keluar dari wilayah Jabodetabek, maka tol elevated kita tutup," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi: Masyarakat Nekat Mudik 24 Persen, Sudah Mudik 7 Persen

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya