Survei LSI Denny JA: Ini Yang Bikin Jokowi-Ma'ruf Amin Menang Telak

Ada 5 factor, apa saja ya?

Jakarta, IDN Times - Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa, memaparkan setidaknya ada lima faktor yang membuat pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin berpotensi menang dalam Pilpres 2019. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaganya.

"LSI Denny JA menemukan lima alasan yang menjadi faktor utama Jokowi-Ma'ruf menang telak di Pilpres 2019," katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat (12/4).

Baca Juga: Kampanye Akbar Jokowi di GBK Besok, Hasto: Silakan Hadir Bergembira 

1. Mayoritas publik puas selama 5 tahun Jokowi menjabat

Survei LSI Denny JA: Ini Yang Bikin Jokowi-Ma'ruf Amin Menang TelakIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ardian mengatakan, mayoritas masyarakat merasa puas atas kinerja Jokowi selama lima tahun memimpin tanah air. Berdasarkan survei LSI Denny JA, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi sebesar 69,5 persen, yang tidak puas sebesar 25,6 persen.

Menurut Ardian, dalam pemilu yang diikuti capres petahana itu, faktor persepsi terhadap kinerja dinilai sangat penting. Sehingga, dapat dipersepsikan bahwa Jokowi akan mudah terpilih kembali.

"Apabila dipersepsikan kinerjanya buruk apalagi gagal, berpotensi dikalahkan. Faktor kepuasan terhadap kinerja menjadi kekuatan utama Jokowi-Ma'ruf," kata Ardian.

2. Mayoritas publik puas dengan program-program sukses Jokowi yang populer

Survei LSI Denny JA: Ini Yang Bikin Jokowi-Ma'ruf Amin Menang TelakIDN Times/Debbie Sutrisno

Faktor kedua, mayoritas publik suka dan puas dengan program-program sukses Jokowi yang populer. Program-program itu, di antaranya Kartu Indonesia Sehat (83,3 persen), Kartu Indonesia Pintar (80,2 persen), Program Keluarga Harapan (67,9 persen), pembangunan infrastruktur (67,2 persen), Program Dana Desa (66,1 persen), dan program Beras Sejahtera (63,7 persen).

"Program-program yang populer dan dipersepsikan sukses ini menjadi kekuatan pembeda dari penantang," ujar Ardian lagi.

3. Jokowi-Ma'ruf unggul telak dari tiga segmen utama

Survei LSI Denny JA: Ini Yang Bikin Jokowi-Ma'ruf Amin Menang TelakANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Faktor ketiga, Jokowi-Ma'ruf memperoleh dukungan telak dari tiga segmen utama, yakni pemilih minoritas, pemilih "wong cilik", dan pemilih muslim yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU).

"Ketiga segmen utama itu adalah pemilih loyal Jokowi-Ma'ruf. Sehingga, loyalitas dan keunggulan telak di segmen tersebut menjadi kekuatan utama pasangan capres-cawapres nomor urut 01 itu," kata dia.

4. Figur dan personal Jokowi lebih disukai dibadingkan Prabowo

Survei LSI Denny JA: Ini Yang Bikin Jokowi-Ma'ruf Amin Menang TelakANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Faktor keempat, figur dan personal Jokowi dinilai lebih disukai publik dibandingkan dengan Prabowo. Meski begitu, Prabowo unggul dari segi kewibawaan sebagai pemimpin.

"Aspek-aspek personal yang diungguli Jokowi, antara lain Jokowi lebih jujur, lebih pintar, lebih nasionalis, lebih religius, dan lebih merakyat. Persepsi berwibawa sebagai pemimpin, Prabowo lebih unggul dari Jokowi," katanya lagi.

Alasan terakhir, secara kualitatif Jokowi lebih kuat dibandingkan Prabowo. Ditambah lagi, citra Prabowo dinilai temperamental dan semakin sering ditampilkan kepada publik.

"Selain itu, persepsi Jokowi yang lebih unggul debat dan kekhawatiran publik terhadap ekslusifisme Prabowo-Sandi yang terlihat dalam kampanye akbar pada Minggu (7/4) yang dikritik SBY," kata Ardian.

Diketahui, Survei LSI Denny JA itu dilakukan pada 4-9 April 2019 kepada 2.000 responden dan menggunakan metode "multistage random sampling". Wawancara dilakukan secara tatap muka, menggunakan kuesioner dengan "margin of error" 2,2 persen.

Baca Juga: Pesta Rakyat Jokowi-Amin di Bandung Sepi Pengunjung 

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya