Zurich Indonesia Sumbang Rp2,3 Miliar untuk Tenaga Medis COVID-19

Beri bantuan akomodasi transportasi hingga tempat singgah

Jakarta, IDN Times - Zurich Indonesia, melalui Z Zurich Foundation, menyumbangkan USD$153.119 atau setara Rp2,3 miliar kepada Habitat for Humanity Indonesia (Habitat Indonesia).

Country Manager Zurich Indonesia, Chris Bendl mengatakan, donasi itu
untuk penyediaan akomodasi serta transportasi dari dan ke rumah sakit, bagi tenaga medis pasien COVID-19.

"Donasi ini akan digunakan untuk mendanai fasilitas akomodasi kamar hotel sebanyak 100 kamar selama 60 malam serta transportasi bagi tenaga medis," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times di Jakarta, Selasa (19/5).

1. Mengapresiasi para tenaga medis pasien COVID-19

Zurich Indonesia Sumbang Rp2,3 Miliar untuk Tenaga Medis COVID-19Ilustrasi tenaga medis (thecitizen)

Menurutnya, para tenaga medis yang berjuang di garis depan melawan pandemik tersebut, kerap mengabaikan kesehatan mereka sendiri. Berbagai laporan juga menunjukkan, tenaga medis enggan pulang ke rumah karena khawatir membawa virus bagi keluarga atau mengalami penolakan dari komunitas di tempat tinggal mereka.

Bahkan, perawat juga mengalami pengucilan sosial karena merawat pasien COVID-19. Akibatnya, banyak dari mereka yang akhirnya tidak pulang sama sekali dan memilih untuk beristirahat di rumah sakit dengan fasilitas yang terbatas.

“Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam upaya melawan virus COVID-19, dan ingin memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas dedikasi dan keberanian para tenaga medis Indonesia yang bekerja tanpa henti di garis depan untuk menangani pasien COVID-19," ungkap Chris Bendl.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan HP Bebas Virus Corona Tanpa Merusaknya 

2. Dampak sosial yang dialami tenaga medis cukup mengkhawatirkan

Zurich Indonesia Sumbang Rp2,3 Miliar untuk Tenaga Medis COVID-19Dua orang paramedis saling membantu dalam mengenakan pakaian dan alat pelindung diri (APD) sebelum bertugas menangani pasien COVID-19 di Ciputra Hospital, Jakarta, Kamis (30/4/2020) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Sementara, National Director Habitat for Humanity Indonesia, Susanto menjelaskan, dampak sosial yang dialami oleh tenaga medis saat ini cukup mengkhawatirkan. Hal ini karena, mereka tidak mendapatkan istirahat yang layak untuk dapat kembali merawat dan menangani pasien.

"Hal yang dapat kita lakukan adalah mendukung para pejuang garis depan ini melalui akomodasi yang aman dan nyaman dalam perjuangan mereka melawan COVID-19 untuk kita," katanya.

3. Berencana membangun fasilitas sanitasi tambahan hingga akhir tahun 2020

Zurich Indonesia Sumbang Rp2,3 Miliar untuk Tenaga Medis COVID-19Petugas medis memberikan tanda cinta dari dalam ruang perawatan pasien COVID-19 yang baru saja diluncurkan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis (30/4/2020) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kemitraan ini menandai kerja sama ketiga Zurich Indonesia dan Habitat Indonesia. Zurich Indonesia telah bekerja sama dengan Habitat Indonesia sejak 2017.

Kala itu, Zurich membangun tiga rumah, satu perpustakaan sekolah, dan mengadakan pelatihan literasi keuangan untuk masyarakat desa Tanjung Anom di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Pada 2018, Zurich Indonesia melanjutkan kolaborasi ini dan menandatangani perjanjian untuk membangun program Kampung Zurich Bersahaja selama dua tahun berikutnya, dengan investasi senilai Rp 3 miliar.

Hingga saat ini, Zurich telah membangun 18 rumah baru dan 32 fasilitas sanitasi serta mengadakan pelatihan pengembangan komunitas bagi masyarakat desa.

Di tengah tantangan pandemik COVID-19 di Indonesia, Zurich Indonesia dan Asuransi Adira, yang beberapa waktu lalu diakuisisi, berencana untuk membangun 17 rumah dan 10 fasilitas sanitasi tambahan hingga akhir tahun 2020.

Baca Juga: Tak Berhenti, Kasus COVID-19 Tembus 18.496!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya