Emang Seru! Ternyata Ini 5 Cara Anak Muda Kembangkan Potensi Dirinya

Jangan batasi potensi diri kamu ya

Udah bukan rahasia lagi kalau anak muda akrab sama teknologi dan mudah beradaptasi dengan hal-hal yang berubah di lingkungannya seiring perkembangan zaman. Nah, ternyata gak hanya itu loh. Untuk mengembangkan potensi diri yang mereka punya, anak muda juga punya cara-cara khusus yang cocok untuk diterapkan di zaman sekarang. Kayak gimana ya caranya? Cek dulu artikel ini yuk!

1. Ikut kursus yang diminati

Emang Seru! Ternyata Ini 5 Cara Anak Muda Kembangkan Potensi DirinyaShutterstock/Bignai

Siapa yang waktu kecil pernah ikut beberapa kursus? FYI nih guys, kursus yang kamu ikuti itu gak hanya kursus mata pelajaran aja loh. Bahkan sekarang udah banyak banget kursus untuk kamu yang punya minat bakat khusus kayak fotografi, fashion bahkan seni. Eits, bahkan gak sedikit juga kursus-kursus ini dibuat dalam bentuk kelas terbuka yang bisa diikuti oleh banyak anak muda tanpa terikat waktu.

Kayak di AXIS Pop Up Station misalnya. Di sini kita bisa ikutan kelas-kelas inovatif atau workshop inspiratif yang punya tema-tema menarik setiap harinya kayak fotografi atau jurnalisme bersama content creator yang ahli di bidangnya. Nah, kamu tertarik buat menekuni passion-mu dengan ikut kelas-kelas ini?

2. Belajar langsung dari ahlinya

Emang Seru! Ternyata Ini 5 Cara Anak Muda Kembangkan Potensi DirinyaShutterstock/Pressmaster

Siapa bilang untuk belajar dengan ahlinya itu susah? Anak muda zaman sekarang gak pernah tuh merasa kesulitan untuk belajar dengan ahlinya langsung. Karena sekarang, para creator yang ahli di bidangnya ini gak pernah pelit ilmu untuk membagikan ilmu yang mereka lewat konten di media sosial yang mereka punya. Nah, hal ini nih yang banyak dimanfaatkan sama anak muda. Anak muda tangkas melihat peluang ya?

3. Traveling untuk menemukan ide-ide segar

Emang Seru! Ternyata Ini 5 Cara Anak Muda Kembangkan Potensi DirinyaUnsplash/Agnieszka Boeske

Saat kita mendengar kata “traveling” pasti yang ada di otak kita gak jauh-jauh dari “rekreasi” atau “menyegarkan pikiran”. Tapi tidak dengan anak muda. Traveling bagi mereka gak hanya sekedar kegiatan yang dilakukan untuk me-refresh otak mereka dari segala rutinitas. Tapi, traveling juga dilakukan sebagai kegiatan untuk mendapatkan ide-ide segar baru dari setiap pengalaman yang dirasakan. Seru ‘kan?

4. Mengikuti komunitas dengan ketertarikan yang sama

Emang Seru! Ternyata Ini 5 Cara Anak Muda Kembangkan Potensi DirinyaShutterstock/Jacob Lund

Salah satu karakteristik anak muda adalah suka banget buat berkumpul dengan orang-orang yang punya ketertarikan yang sama baik dalam hal pemikiran atau minat bakat. Kamu bisa memulainya dengan bergabung dalam komunitas-komunitas yang bisa mewadahi minat kamu itu.

Nah, coba deh kamu gabung ke komunitas yang menurut kamu, kamu banget. Selain bisa dapet temen-temen baru, kamu juga bisa sharing-sharing dengan mereka seputar passion kamu loh, selain punya banyak teman, kamu juga jadi bisa memperdalam passion kamu kan?

5. Ikutan acara-acara yang inspiring banget

Emang Seru! Ternyata Ini 5 Cara Anak Muda Kembangkan Potensi DirinyaShutterstock/GaudiLab

Last  but not least, kamu bisa lebih aktif buat cari tau acara-acara apa aja yang bisa kamu ikutin di kota kamu. Dengan bisa ikut acara-acara yang inspiring, kamu bisa mendapat banyak suntikan semangat dari orang-orang yang selama ini dikenal passionate banget dalam bidangnya.

Buat acara inspiring, kali ini IDN Times punya referensi yang oke banget nih buat kamu datengin. AXIS baru aja merilis AXIS Pop Up Station yang akan hadir di 9 kota yaitu Jakarta, Makassar, Jember, Pekanbaru, Bandung, Banjarmasin, Malang, Medan, dan Yogyakarta. Di AXIS Pop Up Station kamu bakalan dapet semangat untuk mengembangkan potensi yang kamu punya. Di sini kamu juga bisa berkumpul, melakukan kegiatan-kegiatan positif bahkan membuat karya, guys.

Yang paling seru, di sanabakalan ada workshop, shharing session hingga talkshow oleh beberapa content creator ternama kayak Tahi Lalats (@tahilalats), Yoga Arizona (@yogaarizona), Putri Anindya (@puanindya), Awwalur Rizqi Al-firori (@alffy_rev), Stephanie Wose (@stephaniewose) dan beberapa experts yang ahli di bidangnya. Nah, udah gak sabar kan untuk dateng ke AXIS Pop Up Station, buat info lebih lanjut, cek selengkapnya di sini. Jangan lupa dateng ya!

Jadi, itu dia cara anak anak muda mengembangkan potensi dirinya. Kalau kamu ada gak cara khusus untuk mengembangkan potensi dirimu?

Topik:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya