69 Orang Pernah Kontak dengan 3 Pasien Baru Positif COVID-19 di Bali

Please isolasi diri ya #DiRumahAja

Denpasar, IDN Times – Kasus positif COVID-19 atau virus corona di Provinsi Bali kini resmi bertambah tiga orang. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Penggulangan COVID-19 yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra, pada Senin (23/3). Berikut penjelasannya:

1. Kasus PDP COVID-19 di Bali bertambah enam orang

69 Orang Pernah Kontak dengan 3 Pasien Baru Positif COVID-19 di BaliFYI Corona by IDN Times

Made Indra menerangkan, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang awalnya 96 orang kini mendapat tambahan enam orang. Sehingga total PDP sebanyak 102 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 73 pasien telah dinyatakan negatif COVID-19. Sementara yang lainnya masih dalam proses menunggu hasil uji sampel swab di laboratorium.

Baca Juga: 4 Cara Bikin Semprotan Disinfektan Ampuh Lawan Virus Corona, Aman kok!

2. Sudah ada enam orang yang positif COVID-19 di Bali. Tiga orang tambahan menjadi pasien baru. Dari enam orang tersebut dua di antaranya telah meninggal dunia

69 Orang Pernah Kontak dengan 3 Pasien Baru Positif COVID-19 di BaliIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain 73 orang yang hasil uji laboratoriumnya dinyatakan negatif, Bali kembali mendapatkan tambahan hasil positif COVID-19 sebanyak tiga orang.

“Enam orang positif. Dengan demikian hari ini ada tambahan positif tiga orang. Karena sebelumnya tiga orang sudah saya sampaikan. Hari ini ada tambahan kasus positif tiga orang. Yakni dua orang warga negara asing (WNA) suami istri, dan satu orang warga negara Indonesia (WNI) laki-laki asal Bali,” terang Made Indra.

Jika dirinci, maka datanya seperti berikut ini:

  • Kasus 25: 1 orang (Meninggal dunia)
  • WNA Prancis yang tidak bergerak di atas sepeda motor: 1 orang (Meninggal dunia)
  • WNA pasutri: 2 orang
  • WNI asal Bali: 2 orang.

Dari enam orang tersebut, jumlah WNI yang positif COVID-19 ada dua orang. Dengan adanya dua warga Bali yang terinfeksi ini, Made Indra menyebutkan, artinya COVID-19 mungkin telah berada di sekitar kita. Karena itu, pihaknya meminta agar semuanya meningkatkan upaya perlindungan diri supaya tidak terinfeksi virus ini.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja Menurut WHO

3. Dari hasil kontak tracing, puluhan orang menjadi ODP

69 Orang Pernah Kontak dengan 3 Pasien Baru Positif COVID-19 di BaliIlustrasi Ambulans. (IDN Times/Irma Yudistirani)

“Dari tiga orang kasus positif yang baru ini telah dilaksanakan kontak tracing atau penelusuran orang-orang yang pernah kontak dengan yang kasus positif ini. Sampai sore ini telah di-tracing sebanyak 63 orang,” jelasnya.

Kemudian dari 63 orang, hasil tracing kontak tersebut terinci sebagai berikut: kasus dua WNA pasangan suami istri (Pasutri) positif COVID-19 tersebut, ditemukan sebanyak 47 orang. Sedangkan untuk pasien positif COVID-19 WNI sebanyak 22 orang. Sehingga totalnya menjadi 69 orang.

Sebagian orang hasil tracing kontak ini telah diambil swabnya, dan sisanya lagi masih dalam proses pengambilan.

Baca Juga: [BREAKING] WNA Pasutri di RSUD Tabanan Positif COVID-19

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya