Comscore Tracker

Jemaah Umrah di Madinah: Kami Tetap Bisa ke Masjid Nabawi

Arab Saudi menutup kedatangan jemaah umrah untuk sementara

Denpasar, IDN Times – Pemerintah Arab Saudi telah menutup pintu bagi jemaah umrah untuk sementara waktu untuk mencegah masuknya wabah virus corona. Namun, keputusan tersebut ternyata tidak berdampak bagi jemaah haji yang sudah berada di Madinah.

Seorang jemaah umrah dari Denpasar, Sultan Anshori,29, yang saat ini berada di Madinah, mengaku ia bersama rombongannya masih bisa mengunjungi dan melaksanakan ibadah salat di Masjid Nabawi. Ketentuan larangan dari Kerajaan Arab Saudi tersebut, menurutnya, berlaku bagi para calon rombongan jemaah umrah yang masih berada di luar Arab Saudi.

“Masih, masih bisa. Kami kan salatnya di sana (Masjid Nabawi). Larangan itu kan bukan untuk kami yang sudah berada di sini,” ujarnya kepada IDN Times via telepon.

Dia bersama 39 orang lainnya berangkat dari Denpasar ke Negeri Raja Salman tersebut pada Senin (24/2) pukul 24.00 Wita. Rencananya, Senin (2/3) mendatang ia sudah tiba di Indonesia.

1. Kebijakan tersebut dinilai tidak berdampak pada jemaah umrah yang berada di Tanah Suci

Jemaah Umrah di Madinah: Kami Tetap Bisa ke Masjid NabawiJemaah melakukan tawaf mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram (IDN Times/Mela Hapsari)

Dia pun mengatakan sejauh ini tidak ada pembatalan kunjungan ke tempat-tempat suci akibat dampak larangan tersebut.

“Hari ini kami ke Makkah. Nanti sore dari Madinah ke Makkah. Kami prihatin, dan masyarakat supaya prihatin dan harus menghormati kebijakan Pemerintah Arab Saudi. Hal itu merupakan bagian antisipasi virus masuk ke negara Arab Saudi. Prihatin sih,” katanya.

2. Kebijakan baru Arab Saudi tidak banyak dibicarakan oleh jemaah umrah

Jemaah Umrah di Madinah: Kami Tetap Bisa ke Masjid NabawiDok.Pribadi/Sultan Anshori

Sultan menuturkan tidak banyak jemaah yang memperbincangkan soal keputusan Kerajaan Arab Saudi menutup akses bagi jemaah umrah itu. “Sebagian kecil saja sih (yang membahas masalah itu). Kami di sini kan memang fokus untuk ibadah. Kami menyerahkan ke Allah. Doakan saja ya,” pintanya.

3. Jemaah umrah tidak dites kesehatan lagi ketika sampai di Tanah Suci

Jemaah Umrah di Madinah: Kami Tetap Bisa ke Masjid NabawiDok.Pribadi/Sultan Anshori

Sultan mengatakan dia dan 39 orang di rombongannya tidak menjalani pemeriksaan medis apa pun saat tiba di Arab Saudi. Mereka hanya menjalani pemeriksaan imigrasi seperti biasanya.

"Gak ada. Normal waktu kami tiba. Pemeriksaan imigrasi biasa aja," tutupnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [BREAKING] Isi Pengumuman Arab Saudi Tutup Sementara Umrah Terlengkap

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya