Comscore Tracker

5 Fakta Seputar Dampak Virus Corona pada Pariwisata Bali

Virus corona cepatlah berlalu~

Denpasar, IDN Times – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menggandeng para pelaku usaha pariwisata di Bali untuk duduk bersama untuk membahas permasalahan virus corona. Ini dilakukan untuk mengetahui informasi yang harus disebarluaskan tentang virus corona agar meminimalisasi dampaknya pada pariwisata Bali.

“Agar informasi-informasi tentang langkah-langkah menangani penyakit ini supaya diawasi betul. Supaya tata kelolanya bagus harus disebarluaskan kepada stakeholder kami di bidang pariwisata. Ini kan hadir dari para ketua asosiasi, harapan tiyang (saya) nike (ini) bisa meneruskan ke anggotanya. Katakanlah, ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies) dengan 400 anggotanya itu bisa ditindaklanjuti secara berjenjang,” ujar Astawa di Bali Tourism Board (BTB), pada Kamis (30/1).

Dari pertemuan itu, ada sejumlah fakta-fakta yang terjadi di dunia pariwisata Bali di tengah merebaknya virus corona. Apa saja itu?

1. Bali terima dampak cancelation dari turis Tiongkok

5 Fakta Seputar Dampak Virus Corona pada Pariwisata BaliIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Pihak Dinas Pariwisata menerima kebijakan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terhadap cancelation wisatawan dari daerah terpapar. Menyikapi ini, menurutnya, yang terpenting adalah bagaimana Bali meningkatkan pengawasan, mengelola informasi supaya tidak simpang siur, serta sinergisitas terhadap pihak-pihak terkait.

“Kira-kira kita bisa memaklumi ya adanya kebijakan-kebijakan untuk mengisolir dari warga yang outbreak terhadap penyakit ini, yaitu Wuhan. Mereka kan diisolir untuk tidak keluar ya. Nah itu dalam rangka mencegah penyebaran,” kata Astawa.

Pihaknya hanya berharap kondisi ini tidak berlarut-larut hingga menimbulkan kegaduhan. Sebab pihak yang terkena dampaknya juga tidak memiliki uang untuk menggaji karyawan secara terus menerus.

“Saya merasa prihatin ya sebenarnya. Terpukullah terutama yang punya market Tiongkok itulah dan juga destinasi yang disukai oleh turis-turis Tiongkok pun pasti terkena dampak,” ungkapnya.

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Turis Asal Tiongkok di Bali Menurun Drastis

2. Saat liburan imlek, 9000 turis Tiongkok batalkan kunjungan ke Bali

5 Fakta Seputar Dampak Virus Corona pada Pariwisata BaliIlustrasi turis. (IDN Times/Ayu Afria)

Dalam periode liburan Imlek 2020, tercatat sekitar 9000 turis Tiongkok membatalkan kunjungan ke Bali karena wabah 2019-nCoV atau virus corona.

“Udah booking mereka itu di-cancel. Kan rencananya mereka tuh mau liburan dalam Imlek ini kan. Sudah booking-booking. Itu dibatalkan sekitar 7000 sampai 9000. Informasi dari teman di ASITA (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies),” ungkapnya.

3. Tamu asal Tiongkok sempat ditolak hotel wilayah Kuta Selatan karena pihak hotel ketakutan

5 Fakta Seputar Dampak Virus Corona pada Pariwisata BaliPexels.com/pixabay

Astawa mengungkapkan, beberapa hari lalu turis Tiongkok pernah ditolak menginap di sebuah hotel kawasan Kuta Selatan yang telah di-booking sebelumnya. Hal itu terjadi, kata Astawa, adanya ketakutan yang berlebihan dari pihak manajemen hotel terkait wabah nCoV ini. Permasalahan seperti inilah yang pihaknya antisipasi demi citra pariwisata Bali.

“Makanya sosialisasi ini salah satunya untuk mengatasi ketakutan-ketakutan masalah itu. Sehingga nanti semua paham ada SOP (Standar Operasional Prosedur) mulai dari bandara sudah ada thermal scanner-nya. Sehingga dia sudah diawasi betul,” terangnya.

Baca Juga: Ada Virus Corona, Wishnutama Putar Otak Agar Jumlah Wisman Tak Merosot

4. Sejumlah turis Tiongkok memilih extend di Bali untuk menghindari virus tersebut

5 Fakta Seputar Dampak Virus Corona pada Pariwisata BaliIDN Times/Wayan Antara

Meski belum dipastikan berapa jumlah turis Tiongkok yang masih berada di Bali, Astawa tidak menampik kabar bahwa sebagian dari para turis itu enggan pulang ke negaranya, untuk menghindari penyebaran virus corona.

“Yang saya dengar malahan dari travelnya, mereka extend (Memperpanjang) di sini itu karena takut pulang. Tapi tidak ada informasi bahwa mereka kehabisan uang. Itu nggak ada,” katanya.

5. Ini imbauan yang diterbitkan untuk pelaku usaha wisata di Bali

5 Fakta Seputar Dampak Virus Corona pada Pariwisata BaliCara pencegahan virus corona dan nomor penting yang bisa dihubungi terkait virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dinas Pariwisata Bali pun menyepakati sejumlah imbauan yang harus diperhatikan oleh para pelaku pariwisata yakni:

  • Komunikasi risiko kepada wisatawan dan ikut meng-counter adanya hoaks
  • Klinik hotel agar melaporkan yang ditemukan kepada puskesmas di wilayahnya
  • Hotel dapat bekerja sama dan memberikan akses kepada petugas kesehatan (Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi) yang melakukan investigasi dan pemantauan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kadiskes Bali Tegaskan Sumber Penularan Virus Corona Belum Diketahui

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya