Gempa Bumi, Bencana yang Selalu Mendatangkan Korban Besar

Gempa bumi memang tak bisa dicegah.

Beberapa gempa bumi besar terjadi dalam beberapa kurun waktu terakhir, seperti gempa bumi Indonesia (2004 dan 2006), Jepang (2011), Nepal (2015), dan yang paling baru terjadi gempa bumi Afghanistan (2015). Semua gempa bumi tersebut terjadi dengan kekuatan (magnitudo) di atas 7 SR dan menimbulkan ribuan korban jiwa serta kerusakan bangunan yang tidak sedikit. Trauma yang dialami oleh para korban bencana gempabumi juga merupakan masalah yang harus mereka hadapi setelah bencana.  

Gempa Bumi, Bencana yang Selalu Mendatangkan Korban BesarSumber Gambar: astroawani.com

BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menyebutkan bahwa gempa bumi adalah peristiwa menjalarnya gelombang seismik yang diakibatkan oleh pelepasan energi di dalam bumi yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Gempa bumi berhubungan erat dengan lempeg tektonik yang tersebar di seluruh dunia. Lempeng tektonik ini membentuk jalur gempa bumi dunia dan salah satunya melewati wilayah Indonesia. Jadi tidak mengherankan jika Indonesia rawan bencana gempa bumi. 

Gempa Bumi, Bencana yang Selalu Mendatangkan Korban BesarSumber Gambar: dimajames.wordpress.com

Sampai saat ini para ilmuwan belum bisa memprediksi kapan dan dimana suatu gempa bumi terjadi. Gempa bumi adalah kejadian alam yang tidak dapat dicegah, selalu terjadi secara tiba-tiba. Hal tersebutlah yang menyebabkan gempa bumi selalu menimbulkan korban yang besar baik secara materil maupun moril. Terlebih lagi jika gempa bumi tersebut terjadi dengan kekuatan yang besar dan jarak dari pusat gempa bumi yang relatif dekat ke pemukiman penduduk. 

Gempa Bumi, Bencana yang Selalu Mendatangkan Korban BesarSumber Gambar: sinarharapan.co

Pengurangan korban akibat gempa bumi dapat dilakukan dengan menambah wawasan dan kesiapsiagaan masayarakat terhadap bencana gempabumi seperti yang diungkapkan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Masyaraat diharapkan menambah pengetahuan tentang bencana gempa bumi karena pada dasarnya kita berada di wilayah yang rawan bencana.

Gempa Bumi, Bencana yang Selalu Mendatangkan Korban BesarSumber Gambar: selatan.jakarta.go.id

Karena bencana ini tidak bisa diprediksi, sudah saatnya memiliki kesadaran akan bencana sebagai bentuk partisipasi dalam pengurangan risiko bencana. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya