Sekilas Tantangan Kesehatan yang Dihadapi Indonesia

Indonesia sehat, Indonesia kuat.

Tahun ini peringatan hari kesehatan nasional yang jatuh pada tanggal 12 November. Peringatan hari kesehatan nasional ini diawali ketika pada tahun 1959 Bung Karno secara simbolis melakukan penyemprotan nyamuk di daerah Kalasan Yogyakarta. Hal tersebut dilakukan untuk membasmi penyakit malaria yang telah lama menjangkiti masyarakat Indonesia. Kegiatan tersebut juga dibarengi dengan penyuluhan kesehatan pada masyarakat.

Sekilas Tantangan Kesehatan yang Dihadapi IndonesiaSumber Gambar: promkes.depkes.go.id
Setiap tahun pemerintah Indonesia melalui kementrian kesehatan selalu berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan bagi rakyat Indonesia. Berbagai kebijakan tentang kesehatan terus dibuat demi mewujudkan masyarakat yang lebih sehat. Seperti yang dilansir dari promkes.depkes.go.id kebijakan tersebut adalah pengamanan bahan makanan dari zat aditif, mendukung ibu memberi ASI, kewajiban pencantuman peringatan kesehatan pada kemasan rokok, mewajibkan pengusaha gerai makanan memberi informasi tentang komposisi makanan, dan memberikan pengertian pentingnya kesehatan reproduksi. Pemerintah memiliki komitmen kuat untuk terwujudnya lingkungan dan perilaku yang sehat bagi rakyat Indonesia.

Sekilas Tantangan Kesehatan yang Dihadapi IndonesiaSumber Gambar: jateng.dompetdhuafa.org
Meskipun begitu, tantangan untuk mewujudkan kesehatan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia masih belum bisa tercapai. Keadaan geografis menjadi salah satu penyebab belum terjangkaunya kesehatan bagi rakyat Indonesia. Selain itu seperti yang dilansir dari siteresources.worldbank.org tantangan yang dihadapi Indonesia adalah pola penyakit yang semakin kompleks dan pembiayaan kesehatan yang masih mahal. Hal ini menyebabkan banyak rakyat Indonesia golongan menengah ke bawah tidak bisa menikmati kesehatan yang memadai. 

Sekilas Tantangan Kesehatan yang Dihadapi IndonesiaSumber Gambar: pemerintah.net
Sesungguhnya mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat tidak hanya karena peran pemerintah, banyak pihak yang harus terlibat di dalamnya. Pemerintah, petugas kesehatan, pengusaha, organisasi masyarakat, dan masyarakat itu sendiri harus saling bekerja sama demi terciptanya lingkungan yang sehat. Lingkungan yang sehat tentu akan melahirkan masyarakat yang sehat pula.

Sekilas Tantangan Kesehatan yang Dihadapi IndonesiaSumber Gambar: verbal-communication.com

Mulai menjaga kesehatan dari diri sendiri dan lingkungan adalah cara yang paling bijak.

Topik:

Berita Terkini Lainnya