Comscore Tracker

Masih Pandemik, 37.988 Jemaah Calon Haji Jabar Tertunda ke Tanah Suci

Kemenag Jabar tetap membuka pendaftaran calon haji

Bandung, IDN Times - Pemerintah pusat belum memutuskan penyelenggaraan ibadah haji di tengah pandemik tahun ini. Karena itu, Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat menyatakan ada 37.988 jemaah yang diperkirakan gagal berangkat haji pada 2020.

Kasub Bagian Informasi dan Humas (Inmas) Kemenag Kanwil Jawa Barat Ohan Burhan mengatakan, puluhan ribu jemaah haji yang gagal berangkat itu akan menjadi prioritas setelah kuota haji dari pemerintah Arab Saudi dibuka kembali.

"Totalnya ada kuota 37.988 jemaah yang gagal berangkat pada 2020. Ini menjadi prioritas di tahun ini," ujar Ohan saat dihubungi, Sabtu, 17 April 2021.

1. Tidak ada jemaah haji yang melakukan pembatalan

Masih Pandemik, 37.988 Jemaah Calon Haji Jabar Tertunda ke Tanah SuciSuasana di Kota Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Meski gagal berangkat pada 2020, Ohan mengatakan, tidak ada jemaah haji yang melakukan pengunduran diri atau pembatalan. Menurutnya, peserta calon jemaah haji sudah menunggu lama untuk mendapatkan kuota haji.

"Tetap menunggu (untuk berangkat), karena sudah menunggu lama kan. Sayang kalau membatalkan. Rata-rata 10 tahun menunggunya," ungkapnya.

2. Sebanyak 37.988 calon jemaah haji akan langsung diberangkatkan

Masih Pandemik, 37.988 Jemaah Calon Haji Jabar Tertunda ke Tanah SuciIlustrasi Makkah (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh)

Kemenag Jabar akan menunggu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi terkait perkembangan pembukaan pintu bagi jemaah haji. Ketika kuota kembali dibuka, Ohan memastikan, semua jemaah haji yang gagal pada 2020 akan langsung diberangkatkan.

"Jadi yang 37.988 jiwa ini nantinya akan langsung diberangkatkan, setelah ada kabar dari Arab Saudi," kata dia.

3. Kemenag Jabar tetap buka pendafatarn haji

Masih Pandemik, 37.988 Jemaah Calon Haji Jabar Tertunda ke Tanah SuciJabal Rahmah, Arafah, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Bagi masyarakat yang hendak mendaftarkan diri menjadi calon jemaah haji, Kemenag Jabar tetap membuka pintu pendaftaran. Sebab, kuota jemaah haji terbatas dan harus mendaftar sejak dini.

"Pendaftaran masih (dibuka). Sekarang juga kan yang pergi, yang daftar 10 tahun lalu," kata Ohan.

Baca Juga: Menteri Agama Ingin Ibadah Haji Tahun Ini Terlaksana, Apa Syaratnya?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya