Comscore Tracker

Kematian Lina Janggal, Polisi Olah TKP di Rumah Mantan Istri Sule

Laporan keluarga Lina ditindaklanjuti polisi

Bandung, IDN Times - Kematian mantan istri komedian Entis Sutisna atau Sule, Lina Jubaedah, dianggap menyisakan sejumlah kejanggalan. Keluarga meminta makam Lina dibongkar untuk diautopsi. 

Laporan anak kandung Lina, Rizky Febian, di Polrestabes Bandung pada Senin (6/1) lalu, mendapat tindak lanjut dari kepolisian. Sejumlah personel polisi yang diduga sebagai tim penyidik mendatangi rumah almarhum Lina di Jalan Neptusus, Margahayu, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/1).

1. Polisi menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di rumah mantan istri Sule

Kematian Lina Janggal, Polisi Olah TKP di Rumah Mantan Istri SuleIDN Times/Azzis Zulkhairil

Pantauan IDN Times, rumah mendiang Lina hari ini mendadak ramai didatangi warga, setelah tim Inafis Polrestabes Bandung datang sekitar pukul 11.30 WIB. Polisi berencana melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di rumah almarhum. 

Sejumlah warga dan tetangga ramai berada di sekitar rumah almarhum. Bahkan, sejumlah awak media pun ikut menunggu di luar pagar, sebab, hanya personel polisi beserta keluarga yang diperbolehkan masuk.

Baca Juga: Keluarga: Mantan Istri Sule Tak Punya Riwayat Penyakit Berbahaya

2. Suami melarang keluarga melihat wajah jenazah Lina

Kematian Lina Janggal, Polisi Olah TKP di Rumah Mantan Istri Sule(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Adik kandung almarhum, Yani mengatakan saat Lina meninggal dunia, keluarga belum sempat melihat kondisi jenazahnya. Karena ketika keluarga meminta melihat jenazah, suami almarhum, Tedy Pardiyana, tidak memperbolehkan.

"Kan kita nangis pas datang, ya. Jadi gak boleh kena air mata mukanya (jenazah). Gak boleh melihat jadinya, dan kata Teddy semua keluarga gak boleh lihat," kata dia, Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/1).

Bahkan, ketika sang ibu almarhum mencoba memeluk jenazah juga tidak diperbolehkan berlama-lama. Selain itu, suaminya juga meminta penutup wajah jenazah tidak dibuka, sehingga keluarga tidak dapat melihat wajah almarhum untuk terakhir kalinya.

3. Lina tidak memiliki riwayat penyakit yang membahayakan

Kematian Lina Janggal, Polisi Olah TKP di Rumah Mantan Istri Sule(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Yani juga menduga kakaknya tidak meninggal karena sakit. Sebab selama ini keluarga tak pernah tahu almarhum memiliki riwayat penyakit berbahaya yang menyebabkan Lina meninggal dunia.

"Teh Lina gak ada riwayat lambung dan darat tinggi dari dulu, juga. Teh Lina juga kan anti-minum obat," ujar dia.

Yani menyebutkan, selama ini dia maupun keluarga besar tidak pernah tahu Lina mengidap penyakit tertentu. Maka ketika ada kabar Lina meninggal dunia karena sakit membuat keluarga bertanya-tanya.

"Gak, belum tahu (meninggal karena sakit). Hanya dikasih tahu sudah meninggal," ujar dia.

4. Suami almarhum siap melaporkan balik keluarga Lina

Kematian Lina Janggal, Polisi Olah TKP di Rumah Mantan Istri SuleSule dan Rizky Febrian di pemakaman Lina Jubaedah. (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Tedy mengatakan jika dalam pelaporan keluarga Lina menimbulkan perkara baru, yakni ada pencemaran nama baik, ia juga siap menuntut balik di kepolisian.

"Belum tahu, silakan aja. Cuma kalau ada pencemaran nama baik saya akan tuntut balik paling," kata suami mendiang Lina, kemarin.

Lina Jubaedah meninggal dunia Sabtu (4/1) lalu. Ia diduga mengalami serangan jantung. Namun anak almarhum, Rizky Febian, melihat ada beberapa kejanggalan seperti di leher dan beberapa bagian tubuh ibunya yang terdapat lebam. Keluarga pun melapor kepada Polrestabes Bandung, Senin (6/1).

Mantan pengacara Lina, Abdurahman mengatakan, keinginan untuk melakukan autopsi jenazah Lina memang sudah dibicarakan sebelumnya. Pihak keluarga sedarah dari Lina, maupun dari keluarga Sule sudah melakukan komunikasi terkait hal tersebut.

"Kalau kemarin dari adiknya pas di rumah itu Minggu memang ada obrolan untuk autopsi. Indikasi atas dugaan (kekerasan terhadap Lina), ada dugaan," ujar Abdurahman ketika dihubungi IDN Times, Selasa.

Baca Juga: Keluarga: Suami Sempat Larang Keluarga Lihat Jenazah Mantan Istri Sule

Topic:

  • Rochmanudin
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya