Comscore Tracker

TikTok Siap Digandeng Pemerintah untuk Sosialisasikan Pancasila

TikTok sudah beberapa kali bekerja sama dengan kementerian

Bandung, IDN Times - Head of Public Policy TikTok Indonesia, Donny Eryastha, mengatakan pihaknya menyambut baik wacana pemerintah soal penggunaan TikTok untuk sosialisasi nilai-nilai Pancasila bagi kaum millennial. Menurutnya, hal itu merupakan rencana Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang disampaikan melalui Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

"Kita kemarin juga dengar, ya, katanya di rapat dengan DPR, bahwa intinya kan Presiden ingin agar BPIP menjangkau kaum millennial dengan sosial media termasuk TikTok," ujar Donny saat ditemui di Universitas Maranatha, Jalan Surya Sumantri, Bandung, Kamis (20/2).

Baca Juga: Refleksi Tragedi Leuwigajah, Pemkot Bandung: Selesaikan Sampah di Rumah

1. TikTok mendukung wacana BPIP

TikTok Siap Digandeng Pemerintah untuk Sosialisasikan PancasilaIDN Times/Azzis Zulkhairil

Jika berhasil direalisasikan, kata Donny, TikTok bahkan bersedia menjadi partner berbagai kerja sama lainnya dengan BPIP. Menurutnya TikTok akan mendukung langkah positif dari setiap penggunanya.

"Kami menyambut baik. Sebenarnya penggunaan TikTok untuk hal-hal yang positif dalam hal ini untuk memasyarakatkan ideologi Pancasila, ini kan sebenarnya (akan berdampak) postif ya," ungkapnya.

Baca Juga: Ditanya Revitalisasi TIM dan Formula E, Anies: Kita TikTok Dulu Saja

2. TikTok bekerja sama dengan banyak instansi pemerintah Indonesia

TikTok Siap Digandeng Pemerintah untuk Sosialisasikan Pancasila(Kantor ByteDance di Beijing) IDN Times/Uni Lubis

Donny menuturkan, prinsipnya TikTok akan mendukung setiap kerja sama yang akan memberi dampak positif terhadap masyarakat. Sejauh ini TikTok memang getol menjalin kerja sama dengan pemerintah.

Dia mengatakan beberapa instansi pemerintah yang telah bekerja sama dengan TikTok Indonesia antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesi (Kominfo) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

"Itu buktinya bahwa kami terbuka," ucapnya.

4. Jokowi arahkan BPIP gunakan media sosial untuk membumikan nilai Pancasila

TikTok Siap Digandeng Pemerintah untuk Sosialisasikan PancasilaPresiden RI Joko Widodo (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan akan menggunakan sejumlah platform media sosial termasuk TikTok untuk menyosialisasikan Pancasila ke generasi millennial.

Menurutnya, langkah itu diambil untuk menjawab permintaan Presiden Joko Widodo yang ingin BPIP fokus kepada generasi milenial. Yudian menambahkan, BPIP juga akan menggaet artis hingga atlet olahraga untuk membantu membumikan Pancasila.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya