Elektabilitas Moncer, Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024?

Elektabilitas Ganjar dan Emil terus meningkat

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil mendapatkan elektabilitas yang tinggi untuk maju dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2023-2024.

Baru-baru ini, lembaga survei Y-Publica mencatat bahwa elektabilitas orang nomor satu di Jabar itu berada di angka 15,9 persen. Namun, angka ini masih kalah dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang berada di posisi pertama dengan 20,2 persen.

1. Emil memakai filosofi politik akal sehat dan tahu diri

Elektabilitas Moncer, Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024? ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Menanggapi hasil survei yang tinggi, Emil mengatakan, dalam kebijakan kepemimpinan ia memegang dua filosofi politik dalam memimpin. Keduanya yaitu politik akal sehat dan tahu diri.

"Saya tahu diri. Saya ini belum berpartai, saya tidak tahu dengan hasil survei untuk 2024 apakah akan dilamar atau akan diajak partai politik, saya tidak tahu. Kalau batinnya terbuka bismillah, kalau tidak terbuka ya tidak masalah," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (28/5/2021).

2. Kepala daerah dan menteri saat ini tengah disorot masyarakat

Elektabilitas Moncer, Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024?ANTARA/Chairul Rohman

Sebagai Gubernur Jabar, Emil bilang, wajar jika sejumlah kepala daerah saat ini masuk dalam bursa Pilpres 2024. Bahkan, hal ini terjadi juga di kalangan menteri kabinet Indonesia Maju.

"Siapa yang punya news value? Ya orang-orang yang sedang mengambil keputusan saat ini, menteri, gubernur," ujarnya.

3. Emil belum memiliki strategi khusus untuk Pilpres 2024

Elektabilitas Moncer, Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024?dok.IDN Times

Emil memilih untuk memandang seluruh hasil elektabilitas lembaga survei sebagaibahan evaluasi kinerja selama ia memimpin. Ia mengatakan, saat ini belum ada strategi jitu untuk maju pada Pilpres 2024.

"Apa yang saya kerjakan, dan saya beritakan sendiri berpengaruh pada elektoral. Hasil Drone Emprit, kegiatan saya itu sumber viralnya saya sendiri. Kalau teman-teman yang lain ada amplikasi dari buzzer terkait viral-nya," katanya.

4. Ridwan Kamil bakal maju Pilpres selama ada partai yang mau melamarnya

Elektabilitas Moncer, Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024?

Di luar pemerintahan, Emil bilang, ia tetap melakukan koordinasi bersama petinggi-petinggi partai politik seperti Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, hingga Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Itu sopan santun politik, semua partai saya datangi. Tidak harus dalam rangka politik, karena bagi saya lebih baik banyak teman," ujar dia.

Emil menambahkan, jika pada Pilpres 2023-2024 ada partai politik yang mau melamarnya, maka boleh jadi ia akan maju sebagai salah satu bakal calon presiden. Namun, jika tidak, ia akan tetap menjabat sebagai Gubernur Jabar.

"Kalau kalah saya masih ada pilihan, walaupun belum tentu saya maju untuk lanjut dua periode," katanya.

Baca Juga: Kembangkan Ekraf, Ridwan Kamil Minta Millennial Bogor Lebih Produktif

Baca Juga: Batik Jabar Dipakai Personel Super Junior, Ridwan Kamil Girang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya