Gelar Rapid Test, Semua Wartawan Pemkot Bandung Negatif Virus Corona

Meski negatif, sosial distancing tetap harus dipatuhi

Bandung, IDN Times - Sebanyak 37 wartawan dan 20 anggota tim Peliput Humas Pemkot Bandung menjalani rapid test (tes cepat) COVID-19 di Balai Kota Bandung, Jumat (27/3). Dari tes tersebut, semuanya dinyatakan negatif terinfeksi virus corona.

Tes ini dilakukan karena wartawan dan anggota tim Peliput Humas Kota Bandung sempat berinteraksi secara intens dengan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Dimana Yana Mulyana dinyatakan positif corona dan tengah diisolasi.

1. Tes dilakukan juga pada ASN Kota Bandung

Gelar Rapid Test, Semua Wartawan Pemkot Bandung Negatif Virus CoronaIDN Times/Yogi Pasha

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, mengatakan bahwa sebelum menguji kesehatan para wartawn, Pemkot Bandung juga telah menggelar tes bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung. Sama dengan wartawan, ASN Pemkot Bandung juga telah dinyatakan negatif terinfeksi virus corona.

"Setelah sehari sebelumnya tes untuk tingkat pimpinan, hari ini kita memberikan fasilitas kepada mitra strategis yaitu teman-teman media. Alhamdulillah ternyata negatif semua. Kita layak bersyukur kepada Allah SWT," ujar Ema di Balai Kota Bandung, Jumat (27/3).

2. Rapid test bertujuan sebagai langkah preventif

Gelar Rapid Test, Semua Wartawan Pemkot Bandung Negatif Virus CoronaIDN Times/Yogi Pasha

Ema memastikan, rapid test tersebut merupakan langkah konkret Pemerintah Kota Bandung untuk memutuskan mata rantai COVID-19. "Hal ini merupakan langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus corona di Kota Bandung," katanya.

Jika memang ada di antara ASN dan wartawan di lingkungan Pemkot Bandung yang tercatat positif, Pemerintah Kota Bandung akan segera mengirim yang bersangkutan ke Rumah Sakit Hasan Sadikit Bandung yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujuan COVID-19.

3. Dalam kondisi ini, wartawan dianggap punya peran penting

Gelar Rapid Test, Semua Wartawan Pemkot Bandung Negatif Virus CoronaIDN Times/Yogi Pasha

Di tempat sama, kepala Bidang Humas Setda Kota Bandung, Sony Teguh Prasatya mengatakan, wartawan dan anggota tim peliput Humas Pemkot Bandung yang mengikuti rapid test memang masuk kategori prioritas. Pasalnya, mereka sempat berinteraksi secara intens dengan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. 

"Ini juga sesuai yang diinstruksikan oleh Wali Kota Bandung agar insan media dan tim peliputan menjalani tes," jelas Sony.

4. Kabag Humas Pemkot Bandung ikut bersyukur

Gelar Rapid Test, Semua Wartawan Pemkot Bandung Negatif Virus CoronaBerbagai sumber/artwork by. IDN Times

Sony pun bersyukur, wartawan dan anggota tim Peliput Humas Setda Kota Bandung ternyata negatif COVID-19. Ia berharap para wartawan, anggota tim peliput, bahkan seluruh warga Kota Bandung tetap melaksanakan social distancing dengan disiplin untuk mengurangi potensi terpapar virus corona.

"Jaga kesehatan tubuh, makan makanan bergizi, dan selalu mencuci tangan," kata dia.

Baca Juga: Kuota 2.000 Tes Masal COVID-19, Pemkot Bandung Dahulukan Tenaga Medis

Baca Juga: Cegah COVID-19, Pemkot Bandung Tutup Sementara Tempat Hiburan Malam

Topik:

  • Galih Persiana
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya