Comscore Tracker

Polda Jabar Akan Panggil Rizieq Shihab soal Kerumunan di Megamendung 

Polda Jabar sebelumnya telah memeriksa 7 orang

Bandung, IDN Times - Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Polisi Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, sepuluh orang dipanggil dalam kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 di Pondok Pesantren milik Rizieq Sihab yang berlokasi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, 13 November 2020.

Tidak hanya Bupati Bogor, polisi juga memanggil Sekda Bogor hingga jajaran penyelenggara acara. Bahkan, tidak menutup kemungkinan polisi juga akan memanggil pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Sihab untuk dimintai keterangan.

Baca Juga: Diperiksa Polda, Sekda Bogor Sebut Acara Rizieq Sihab Tak Berizin

1. Pemanggilan Rizieq Sihab akan disesuaikan dengan beberapa orang lainnya

Polda Jabar Akan Panggil Rizieq Shihab soal Kerumunan di Megamendung Rizieq Shihab melakukan safari ceramah ke Megamendung, Bogor, Jawa Barat (Tangkap Layar Youtube.com/Front TV)

Menurut Erdi, kemungkinan Rizieq Shihab dipanggil untuk klarifikasi. "Nanti (Rizieq Sihab) pasti akan dipanggil oleh penyidik untuk klarifikasi, jadi alur permasalahannya akan jelas," ujar Erdi saat dihubungi, Minggu (22/11/2020). 

Jadwal pemanggilan Rizieq Sihab akan disesuaikan dengan beberapa orang lainnya yang saat ini masih belum memenuhi surat panggilan. Seperti Bupati Bogor Ade Yasin yang masih dalam perawatan medis lantaran dinyatakan positif virus corona.

"Ini kita masih menunggu, nanti setelah yang saat ini dimintai keterangan sudah selesai ya" ungkapnya.

2. Kemungkinan Rizieq dipanggil untuk dimintai keterangan soal acara di Megamendung

Polda Jabar Akan Panggil Rizieq Shihab soal Kerumunan di Megamendung Pimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Erdi menjelaskan, Rizieq Sihab kemungkinan akan dipanggil untuk dimintai keterangan perihal statusnya dalam acara di Megamendung. Adapun Sekda Bogor dan Satpol PP Bogor saat ini sudah memberikan klarifikasi pada polisi tentang kejadian itu.

"Jadi diharapkan kedepannya Rizieq pasti akan dipanggil oleh penyidik untuk klarifikasi, jadi alur permasalahannya akan jelas," kata dia.

3. Sebelumnya Polda Jabar telah memeriksa tujuh orang

Polda Jabar Akan Panggil Rizieq Shihab soal Kerumunan di Megamendung Rizieq Shihab melakukan safari ceramah ke Megamendung, Bogor, Jawa Barat (Tangkap Layar Youtube.com/Front TV)

Sebelumnya, dari sepuluh orang yang dipanggil Polda Jabar pada Jumat, 19 November 2020, hanya tujuh orang yang memenuhinya.

Adapun tujuh orang yang diperiksa itu yakni Alwasyah Sudarman (Kades sukagalih Megamendung), Endi Rismawan (Camat Megamendung), Agus Ridallah (Kasatpol PP Pemda Bogor), Kusnadi (Kades Kuta), Marno (Ketua RT 1), Burhanudin (Sekda Bogor), dan Aiptu Dadang Sugiana (Babinkamtibmas).

Untuk Bupati Ade Yasin, Polda Jabar akan melakukan pemanggilan ulang setelah ia dinyatakan negatif dari virus corona. Kemudian, panitia acara  juga akan kembali dipanggil karena tidak hadir dalam pemanggilan awal.

Baca Juga: Positif Corona, Bupati Kabupaten Bogor Absen Dipanggil Polda Jabar

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya