Langgar PSBB, Polda Jabar akan Mutasi Anggota Polrestabes Bandung

Polisi harusnya tidak arogan

Bandung, IDN Times - Kapolda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Rudy Sufahriadi mengatakan akan memindah tugaskan anggota Satlantas Polrestabes Bandung Bripka H yang melakukan pelanggaran di pos pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Kabupaten Bandung, Senin (25/5).

Ia menuturkan, setelah Bripka H diperiksa oleh Propam akan langsung dipindah tugaskan ke bagian Pelayanan Markas (Yanma) Polda Jawa Barat.

"Nanti setelah selesai pemeriksaan, saya pindahkan ke Yanma. Boleh diberitakan," ujar Rudy melalui pesan singkat, Senin (25/5).

1. Pemindahan tugas sebagai contoh agar tidak terulang kejadian serupa

Langgar PSBB, Polda Jabar akan Mutasi Anggota Polrestabes BandungIstimewa

Rudy mengungkapkan, pemindahan Bripka H merupakan keputusan yang tepat. Hukuman itu pun dilakukan agar menjadi contoh pada para aparat di Polda Jabar tidak melakukan tindakan serupa.

"Polisi tidak boleh arogan, harus jadi contoh yang baik bagi masyarakat," katanya.

2. Aksi Bripka H viral di Whatapp Grup

Langgar PSBB, Polda Jabar akan Mutasi Anggota Polrestabes BandungIstimewa

Sebagaimana diketahui, aksi Bripka H melanggar PSBB terekam dalam video dan viral di berbagai media sosial. Dalam video tersebut Bripka H melakukan aksi marah-marah pada petugas yang menegurnya ketika hendak melintas menuju Kabupaten Bandung.

Bripka H juga terlihat tidak mengenakan baju dinas dan tidak mengenakan masker sesuai dengan protokol pencegahan virus corona (COVID-19).

3. Kapolrestabes Bandung benarkan anggotanya melanggar PSBB

Langgar PSBB, Polda Jabar akan Mutasi Anggota Polrestabes BandungIstimewa

Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Ulung Sampurna Jaya membenarkan, bahwa Bripka H merupakan seorang anggota Satlantas Polrestabes Bandung. Ia mengaku, saat ini anggotanya yang melanggar PSBB itu sudah di proses Propam.

"Iya betul, yang bersangkutan saat ini diperiksa Propam Polrestabes Bandung," ujar Ulung saat dihubungi di waktu yang sama.

4. Kejadian tersebut terjadi pada pagi hari

Langgar PSBB, Polda Jabar akan Mutasi Anggota Polrestabes BandungIstimewa

Dihubungi terpisah, Kapolsek Ciparay AKP Suyatno mengatakan, kejadian Bripka H melanggar PSBB terjadi pada pagi hari. Menurutnya, Bripka H bisa saja dalam posisi terburu-buru dan terjadi salah paham.

"Iy‎a betul ada kejadian tersebut tadi pagi. Mungkin dianya sedang buru-buru, ada salah paham," kata dia.

Baca Juga: Polda Jabar Janji Tindak Tegas Pembuat Surat Sehat COVID-19 Palsu

Baca Juga: Usut Surat Sehat COVID-19 Palsu, Polda Jabar Periksa Market Place

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya