Comscore Tracker

Ingin Berdamai, YouTuber Ferdian Paleka Akan Mediasi dengan Korban

Orang tua meminta Ferdian jadi tahanan kota

Bandung, IDN Times - YouTuber prank sembako sampah Ferdian Paleka bersama dua rekannya, M. Aidil dan Tubagus Fahddinar, mencoba berdamai dengan korban prank mereka. Diungkapkan oleh pengacara mereka, Rohman Hidayat, Ferdian akan melakukan mediasi dengan para pelapor yang menjadi korban dari kliennya. 

Rohman mengungkapkan, saat ini komunikasi dengan para pelapor terus dilakukan. Menurut dia, selain melalui pengadilan, kasus prank sembako sampah ini bisa saja diselesaikan dengan cara mediasi dan berdamai antar kedua pihak.

"Saat ini kita juga sedang mencoba melakukan komunikasi dengan pihak pelaporan untuk berdamai," ujar Rohman saat dihubungi, Selasa (12/5).

Baca Juga: Alasan Prank YouTuber Ferdian Paleka, Polisi: Demi Subscriber

1. Pihak Ferdian berharap jalur mediasi bisa selesaikan masalah

Ingin Berdamai, YouTuber Ferdian Paleka Akan Mediasi dengan KorbanYouTuber Ferdian Paleka bersama dua rekannya akhirnya ditahan. Ferdian ditangkap di jalur Tol Merak-Jakarta pada Jumat (8/5) pukul 01.00 WIB (IDN Times/Azzis Z.)

Rohman mengatakan, jalur mediasi bisa saja ditempuh jika pihak pelapor bersedia. Namun, ia juga tidak mempermasalahkan jika pelapor tetap meminta kasus ini diselesaikan secara hukum. Yang jelas, ujar dia, upaya mediasi akan tetap ditempuh terlebih dahulu.

"Mediasi sedang kita tempuh dengan pihak pelapor supaya siapa tahu ada jalan keluar untuk masalah ini," ungkapnya.

2. Penangguhan hukuman dan pengalihan tahanan telah ditempuh orang tua tersangka

Ingin Berdamai, YouTuber Ferdian Paleka Akan Mediasi dengan KorbanYouTuber Ferdian Paleka ditangkap polisi (ANTARA FOTO/Ahmad Fauzan)

Rohman menambahkan, selain akan melakukan mediasi, saat ini keluarga tersangka sudah mengajukan penangguhan penahanan dan pengalihan tahanan menjadi tahanan kota.

"Sudah disampaikan kemarin mengajukan penangguhan permohonan penahanan, sekaligus pemohon pengalihan tahanan, jadi kalau tidak ditangguhkan penahanannya, dialihkan menjadi tahanan kota," tuturnya.

3. Orang tua meminta agar Ferdian menjadi tahanan kota

Ingin Berdamai, YouTuber Ferdian Paleka Akan Mediasi dengan KorbanTwitter.com/andremohyahyaaa

Masih kata Rohman, orang tua tersangka meminta penangguhan penahanan dan pengalihan menjadi tahanan kota bagi Ferdian agar lebih aman. Ia menyebutkan, kejadian perundungan terhadap Ferdian di penjara membuat orang tua tersangka resah.

"Pertimbangannya karena di kantor polisi juga kan tidak aman buat tersangka, lebih baik di bawah perlindungan orang tuanya karena mereka juga belum menikah jadi alangkah baiknya diurus oleh keluarga," jelas Rohman.

4. Upaya terakhir akan coba meminta bantuan Komnas HAM

Ingin Berdamai, YouTuber Ferdian Paleka Akan Mediasi dengan Korban(YouTuber Ferdian Paleka ditangkap polisi) ANTARA FOTO/Ahmad Fauzan

Lebih lanjut, Rohman mengatakan, soal meminta bantuan Komnas HAM bisa saja dilakukan jika penangguhan hukuman dan pemindahan status tahanan tidak disetujui oleh jajaran Polrestabes Bandung. Ia menyebut, langkah tersebut merupakan langkah akhir.

"Kalau memang upaya penahanan tidak dialihkan, kita tentu minta bantuan Komnas HAM, tapi kalau jelas dikabulkan untuk apa kita perpanjang masalah lagi," kata dia.

Baca Juga: Transpuan Sumut Berharap Gak Ada Lagi Prank Seperti Ferdian Paleka

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya