Comscore Tracker

Bupati Tasikmalaya Siap Bertarung dengan Anak Buahnya di Pilkada 2020

Tiga ASN siap maju Pilbup Tasikmalaya

Tasikmalaya, IDN Times - Kabupaten Tasikmalaya merupakan satu dari delapan kabupaten atau kota di Jawa Barat yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 23 September 2020. Pilkada Kabupaten Tasikmalaya akan berbarengan dengan 224 kabupaten atau kota lainnya secara serentak.

Sang petahana Ade Sugianto disebut-sebut siap kembali maju mencalonkan diri pada Pilkada 2020. Namun, kader PDI Perjuangan tersebut belum diketahui akan berpasangan dengan siapa.

Kabupaten seluas 2.712,52 km ini memiliki 39 kecamatan dan 348 kelurahan, dan jumlah penduduk pada 2013 diperkirakan 1.876.544 jiwa.

Berapa jumlah suara dan tingkat partisipasi Kabupaten Tasikmalaya? Yuk kenali lebih jauh wilayah Kabupaten Tasikmalaya, seperti yang dihimpun IDN Times dari berbagai sumber.

Baca Juga: Pilkada 2020, Mengenal Purbalingga, Peta Dukungan dan Profil Wilayah

1. Kabupaten Tasikmalaya memiliki 39 kecamatan dan 348 kelurahan

Bupati Tasikmalaya Siap Bertarung dengan Anak Buahnya di Pilkada 2020(kpu.go.id)

Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari 39 kecamatan dan 348 kelurahan, serta jumlah penduduk pada 2013 diperkirakan 1.876.544 jiwa dengan kepadatan 691,81 jiwa per kilometer.

Baca Juga: Pilkada Medan 2020, Pengamat: Menantu Jokowi Simalakama Bagi Parpol

2. Kabupaten Tasikmalaya berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Ciamis

Bupati Tasikmalaya Siap Bertarung dengan Anak Buahnya di Pilkada 2020Google Map

Ibu kota Kabupaten Tasikmalaya terletak di Kecamatan Singaparna. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Garut dari sebelah barat, dibatasi dataran tinggi Pegunungan Galunggung, sepanjang barat daya hingga barat laut.

Jauh ke utara, Kabupaten Tasikmalaya berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan berlanjut hingga ke tenggara berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran. Kabupaten Tasikmalaya juga dibatasi Samudra Hindia.

Baca Juga: Memetakan Politik Karawang Jelang Pilkada 2020, Siapa Calon Terkuat?

3. Sebanyak 22 bupati sempat memimpin Kabupaten Tasikmalaya

Bupati Tasikmalaya Siap Bertarung dengan Anak Buahnya di Pilkada 2020Ilustrasi (tasikmalayakab.go.id)

Kabupaten Tasikmalaya ternyata sudah memiliki bupati sejak 1807. Bupati pertama bernama Raden Anggadipa II yang memerintah sejak 1807 hingga 1837. Kabupaten Tasikmalaya juga memiliki sejarah panjang. Sebelum bernama Kabupaten Tasikmalaya, kabupaten ini sempat bernama Kabupaten Sukapura pada 1913.

Kemudian, selama 1807 hingga 2019, Kabupaten Tasikmalaya telah dipimpin 22 bupati. Terakhir, kursi orang nomor satu di kabupaten ini ditempati
Ade Sugianto yang kini digadang-gadang maju kembali Pilkada 2020.

Baca Juga: Mengenal Kabupaten Sukabumi dan Politiknya yang Diisi Wajah Lama

4. Jumlah pemilih dan tingkat partisipasi pemilih Kabupaten Tasikmalaya

Bupati Tasikmalaya Siap Bertarung dengan Anak Buahnya di Pilkada 2020Ilustrasi (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Jumlah pemilih di Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap dua pada Pemilu 2019 adalah 1.366.465 jiwa dan 5.196 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sementara, pada Pilkada 2014 angka partisipasi pemilih Kabupaten Tasikmalaya berada di kisaran 58,81 persen. Pada saat itu Kabupaten Tasikmalaya menggelar Pilkada dengan calon tunggal, yakni Uu Ruzhanul Ulum dan Ade Sugianto.

Pada pertengahan masa kepemimpinan pasangan tersebut terpaksa harus terpisah, lantaran Uu mencalonkan diri menjadi wakil gubernur Jabar, mendampingi Ridwan Kamil. Sedangkan, Ade Sugianto naik menggantikan Uu sebagai Bupati Kabupaten Tasikmalaya hingga kini.

5. Petahana siap bersaing dengan sejumlah ASN

Bupati Tasikmalaya Siap Bertarung dengan Anak Buahnya di Pilkada 2020(Dok. Kabupaten Tasikmalaya)

Ade Sugianto kembali maju Pilkada sebagai petahana dari PDI Perjuangan, namun dia mengku belum cukup popularitas di beberapa daerah.

Selain itu, ada tiga ASN yang disebut-sebut akan bersaing dengan Ade pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya. Mereka adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Iwan Saputra, staf di Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Tasikmalaya Cep Zamzam Dzulfikar Nur, serta Kasubag Tata Usaha (TU) Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Suryana.

Baca Juga: Masalah di Pilkada 2018 Harus Jadi Pertimbangan Persiapan Pilkada 2020

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya