Comscore Tracker

Ikut Prank Bareng Ferdian Paleka, Polisi Tetapkan TF Jadi Tersangka

Semua yang terlibat dalam konten akan dikenakan UU ITE

Bandung, IDN Times - Tubagus Fahddinar alias TF, rekan dari YouTuber Ferdian Paleka yang membuat konten video prank bantuan sembako berisi sampah, ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polrestabes Bandung, Jawa Barat. Polisi kini masih mencari Ferdian beserta satu orang temannya.

"Untuk TF saat ini iya sudah jadi tersangka (hari ini)," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri, saat dihubungi, Selasa (5/5).

1. TF sudah ditahan di Polrestabes Bandung

Ikut Prank Bareng Ferdian Paleka, Polisi Tetapkan TF Jadi TersangkaRumah Youtuber Ferdian Paleka digeruduk massa, Minggu (3/4) malam (Instagram/@fakta.indo)

Galih mengatakan, polisi telah menahan TF di Polrestabes Bandung. Sedangkan dua orang lainnya masih dalam pencarian Polrestabes Bandung.

Kedua orang tersebut yakni sang pemilik chanel YouTube, Ferdian Paleka, dan satu orang temannya berinisial A.

"Untuk TF saat ini sudah ditahan di Polrestabes Bandung" ungkapnya.

Baca Juga: YouTuber Ferdian Paleka Jadi Buron Polisi Akibat Prank Bantuan

2. Polisi masih memburu Ferdian Paleka dan rekannya berinisial A

Ikut Prank Bareng Ferdian Paleka, Polisi Tetapkan TF Jadi TersangkaInstagram/ferdianpalekaaa

Galih mengatakan, Tubagus Fahddinar sudah menyerahkan diri dengan didampingi oleh keluarga. Polrestabes Bandung juga telah meminta keterangan dari Tubagus.

"Satu sudah diamankan, selanjutnya kita akan berupaya mengamankan pelaku lainnya," kata Galih.

3. Polrestabes Bandung sempat mendatangi kediaman Ferdian Paleka

Ikut Prank Bareng Ferdian Paleka, Polisi Tetapkan TF Jadi TersangkaRumah Youtuber Ferdian Paleka digeruduk massa, Minggu (3/4) malam (Instagram/@fakta.indo)

Galih mengungkapkan, Polrestabes Bandung telah menelusuri rumah Ferdian dan seorang temannya di wilayah Kabupaten Bandung. Namun ketika ditemui di kediamannya yang bersangkutan tidak ada di rumah.

"Kita ke kediamannya, memang yang bersangkutan tak ada di situ, jadi ya kita tetap berupaya. Kita sarankan kooperatif sama kita menyerahkan diri," ungkapnya.

4. Polisi mengenakan pasal UU ITE

Ikut Prank Bareng Ferdian Paleka, Polisi Tetapkan TF Jadi Tersangka(Tangkapan Layar)

Perbuatan Ferdian dan beberapa orang lainnya yang tergabung dalam tim pembuatan video tersebut akan dikejar dan diproses secara hukum oleh kepolisian. Menurut Galih, kasus tersebut masuk dalam pasal 45 ayat 3 UU ITE.

Ancamannya pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

"Semua yang ada di situ (video) kita cari dan akan diperiksa. Kita lihat nanti, dari substansi pasal-pasal yang ada seperti apa dari masing-masing setiap individu," kata dia.

Baca Juga: Kasus Prank Sembako Sampah Ferdian Paleka, Transpuan Angkat Bicara

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya