Comscore Tracker

Pasien Positif Virus Corona di Jawa Barat Bertambah Jadi 10 Orang

29 orang di Jawa Barat masih berstatus dalam pengawasan

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan data terakhir kasus virus corona (COVID-19) di Jabar pada Minggu (15/3) pagi hingga pukul 17.00 WIB, bertambah menjadi 10 pasien positif. Dua di antaranya telah dinyatakan meninggal dunia.

Dua pasien positif yang meninggal dunia yakni warga Kabupaten Cianjur dan warga Kabupaten Bekasi.

"Per sore ini (Minggu, 15 Maret 2020) informasi data yang masuk ada sepuluh orang yang positif COVID-19 di Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil berdasarkan rilis yang diterima IDN Times.

1. Sebanyak 29 orang di Jawa Barat masih dalam pengawasan

Pasien Positif Virus Corona di Jawa Barat Bertambah Jadi 10 OrangIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa 10 pasien positif tersebut di antaranya adalah tiga warga Depok, satu warga Kota Bandung, satu warga Kabupaten Cirebon, satu warga Kabupaten Purwakarta, tiga warga Kabupaten Bekasi, dan satu warga Kabupaten Cianjur.

Sejauh ini jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 83 orang, 54 di antaranya telah selesai pengawasan, sehingga sisa 29 orang masih dalam pengawasan.

"Orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 785 orang, 291 di antaranya telah selesai dipantau sehingga sisa 494 orang masih dalam pemantauan," katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Umumkan Warga Cianjur yang Meninggal Positif Virus Corona

2. Lurah atau kepala desa diminta melakukan social distancing dan pelacakan

Pasien Positif Virus Corona di Jawa Barat Bertambah Jadi 10 OrangIDN Times/Arief Rahmat

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera mengumumkan sebaran data ODP dan PDP COVID-19 di Jabar berbasis kelurahan.

"Kita menjaga tidak ada data yang melanggar aturan publik, tapi di level kelurahan yang masih sangat luas itu minimal forum pimpinan kelurahan atau kepala desa bisa melakukan social distancing, edukasi, dan pelacakan," kata dia.

3. Ridwan Kamil lacak warga Jabar yang jadi peserta tablig akbar di Malaysia

Pasien Positif Virus Corona di Jawa Barat Bertambah Jadi 10 OrangGubernur Ridwan Kamil mengumumkan perkembangan virus corona di Jawa Barat (IDN Times/Azzis Z.)

Sebelumnya, dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Pakuan, Bandung, pada Minggu pagi, Emil memastikan pihaknya akan melakukan penelusuran pada peserta kegiatan tablig akbar di Masjid Sri Petaling, Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam acara keagamaan yang diselenggarakan pada 28 Februari hingga 1 Maret 2020, terdapat sekitar 700 warga negara Indonesia (WNI) turut menjadi peserta.

"Dalam tablig akbar ini ada peserta dari Jabar. Hal ini perlu dilacak karena peserta warga Malaysia dan Brunei Darussalam juga positif COVID-19," kata dia.

Baca Juga: Jemput ABK Bareng Menhub, Ridwan Kamil Yakin Tak Tertular Virus Corona

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya