Comscore Tracker

19 Cek Poin Ditutup Selama PSBB Proporsional Kota Bandung 

Apa bedanya PSBB Proporsional dengan PSBB sebelumnya?

Bandung, IDN Times - Sebanyak 19 cek poin resmi ditutup selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional Kota Bandung yang berlaku mulai Sabtu (30/5). 

Kepala Bagian Operasional Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Asep Pujiyono mengatakan, cek poin akan dihilangkan dan penyekatan jalan diberlakukan sampai Selasa (2/6).

"Untuk penyekatan atau buka tutup jalan akan tetap dilakukan sampai tanggal 2 (Juni 2020), berdasarkan arahan Wali Kota," ujar Asep saat dihubungi, Minggu (31/5).

1. Polisi tetap melakukan pengawasan pada 30 persen aktivitas yang dibuka

19 Cek Poin Ditutup Selama PSBB Proporsional Kota Bandung IDN Times/Humas Bandung

Asep menuturkan, dengan dihilangkannya cek poin, maka petugas yang sebelumnya melakukan penjagaan akan dipindahkan ke beberapa tempat lain yang sudah diizinkan buka oleh Wali Kota Bandung.

"Petugas akan tetap melakukan pengawasan di 30 persen aktivitas yang sudah diperbolehkan. Polisi ataupun TNI tetap melakukan pengawasan," ujarnya.

Baca Juga: Warga Bandung Banyak yang Tak Paham PSBB Proporsional ala Walkot Oded

2. Sanksi pelanggar PSBB Proporsional dengan PSBB sebelumnya masih sama

19 Cek Poin Ditutup Selama PSBB Proporsional Kota Bandung Dok.IDN Times/Istimewa

Asep menjelaskan mengenai penerapan sanksi pelanggar PSBB Proporsional dengan PSBB sebelumnya kemungkinan ada beberapa sanksi masih sama yakni berupa teguran dan beberapa lainnya.

"Ada beberapa kita sanksi, kita lihat nanti, sanksi akan sesuai aturan," katanya.

3. Titik buka tutup jalan masih menunggu Perwal Kota Bandung

19 Cek Poin Ditutup Selama PSBB Proporsional Kota Bandung IDN Times/Humas Bandung

Dihubungi terpisah, Kasat lantas Polrestabes Bandung, Kompol Catur Bayu mengatakan, saat ini belum ada keputusan terkait titik buka tutup jalan yang akan tetap dilakukan. Ia mengatakan semua aturan penyekatan jalan akan disesuaikan dengan Peraturan Wali Kota.

"Kita kan menunggu Perwal. Perwal PSBB Proposional itu seperti apa," ujar Bayu.

Bayu menuturkan, setelah Perwal dikeluarkan, pemerintah akan langsung berkoordinasi dengan Bagian Operasional (Bagops) untuk memetakan wilayah mana yang akan dilakukan penyekatan jalan.

"Bagops nanti membuat rencana operasi, karena nanti kalau kita buat dan bertentangan dengan Perwal, kan salah juga nanti," kata dia.

Baca Juga: Aturan Tak Tegas, DPRD Sebut PSBB Bandung Tidak Jelas

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya