Comscore Tracker

Ridwan Kamil Matangkan Rencana Lockdown Daerah Zona Merah di Jabar

Emil memastikan lockdown dilakukan sesuai izin dari pusat

Bandung, IDN Times - Rencana karantina wilayah atau lockdown akan segera diberlakukan di sejumlah daerah yang sudah masuk zona merah virus corona di Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ini sedang mematangkan rencana tersebut.

"Opsi lockdown atau karantina wilayah khususnya untuk zona merah ini sedang kita bahas, besok akan dirampungkan," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung, Minggu (29/3).

1. Ridwan Kamil koordinasi kesiapan lockdown di Jawa Barat dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19

Ridwan Kamil Matangkan Rencana Lockdown Daerah Zona Merah di Jabar(Ilustrasi lockdown) IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan meski opsi karantina wilayah akan dipakai, Pemprov Jabar tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, dalam hal ini BNPB selaku Gugus Tugas Penanganan COVID-19, untuk melaporkan setiap perkembangan dan kesiapan lockdown di wilayah zona merah.

"Tapi apa pun itu saya selalu koordinasi dengan pak Doni Monardo (Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19) untuk meminta izin. Jadi, tidak boleh ada daerah yang melalukan lockdown tanpa izin pemerintah pusat," ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung akan Tutup Jalan Utama, Lockdown Masih Dipertimbangkan

2. Perantau dilarang mudik ke Jawa Barat selama pandemi COVID-19

Ridwan Kamil Matangkan Rencana Lockdown Daerah Zona Merah di JabarIlustrasi Jangan Mudik. #MediaLawanCovid19/Istimewa

Kang Emil juga mengimbau masyarakat Jabar yang sedang merantau untuk tidak pulang kampung atau mudik lebih dulu. Sebab, orang yang mudik dari wilayah terpapar dapat membuat penyebaran COVID-19 semakin luas.

"Kalau ditambah lagi dengan warga mudik yang kami tidak tahu histori kesehatannya dan datang dari daerah pusat pandemi seperti Jakarta, ini menyulitkan," katanya.

3. Tes masif telah dilakukan untuk mengetahui penyebaran COVID-19

Ridwan Kamil Matangkan Rencana Lockdown Daerah Zona Merah di JabarIDN Times/Yogi Pasha

Emil menambahkan, Pemerintah Provinsi Jabar saat ini sedang melakukan tes masif untuk memetakan penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Sehingga, imbauan agar masyarakat agar tidak melakukan kegiatan mudik dinilainya tepat.

"Kalau ada yang mudik ini mempersulit peta lagi karena setiap pemudik yang mayoritas dari Jakarta kan otomatis dia jadi ODP, kalau dia sudah terpaksa datang ke Jabar maka dia wajib karantina mandiri," tuturnya.

4. Sosial Distancing di Kota Bandung belum efektif

Ridwan Kamil Matangkan Rencana Lockdown Daerah Zona Merah di JabarDok.Humas Jabar

Emil mengatakan, beberapa waktu lalu ia telah menyaksikan langsung inspeksi mendadak (sidak) yang terjadi di Kota Bandung. Menurutnya, masyarakat masih belum maksimal menerapkan social distancing.

"Kemarin, dalam video yang viral, memang saya sedang inspeksi dan melihat, memang respons terhadap bekerja di rumah dan social distancing belum dilakukan secara maksimal," kata dia.

Baca Juga: Daftar Jalan Utama di Bandung yang Ditutup untuk Cegah COVID-19

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya