Comscore Tracker

RSHS Bandung Kembali Tangani Pasien Diduga Terpapar Virus Corona

Pasien sempat transit ke Singapura dan Malaysia

Bandung, IDN Times - Setelah memulangkan beberapa warga terduga terpapar virus corona atau Covid-19 beberapa waktu lalu, ruang isolasi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, kembali dihuni seorang pasien warga Kabupaten Bandung pada Jumat (21/2).

Pasien tersebut diduga terpapar virus corona setelah melakukan perjalanan dari Arab Saudi ke Thailand dan Singapura. Setelah itu, ia pernah diberikan penanganan di Rumah Sakit Majalaya dan dirujuk ke RSHS.

1. Pasien berasal dari Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung

RSHS Bandung Kembali Tangani Pasien Diduga Terpapar Virus CoronaPenanganan terkait dugaan pasien terpapar virus corona di RSHS (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Kasi Surveilance dan Imunisasi Bidang P2P, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Edi Kusno membenarkan, seorang pasien diduga terpapar covid-19 tersebut berasal dari Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Edi mengatakan, pasien sempat dirawat di Rumah Sakit Majalaya. Namun berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), pasien kemudian dirujuk ke RSHS di Jalan Sukajadi, Kota Bandung.

"RS Majalaya dirujuk ke RSHS karena RSHS alatnya lengkap. Dari Majalaya konfirmasi ke dinas dan dinas mengontak ke puskesmas," ujar dia.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Imigrasi Deportasi 118 WNA 

2. Pasien tinggal satu rumah bersama empat orang lainnya

RSHS Bandung Kembali Tangani Pasien Diduga Terpapar Virus CoronaSeorang pria memakai masker pelindung mengendarai sepeda di jalan utama di Wuhan, pusat terjadinya penularan virus corona baru, provinsi Hubei, Tiongkok, pada 20 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer

Edi menyebutkan, berdasarkan informasi yang didapatkan, saat ini pasien tinggal bersama empat orang di rumahnya. Dinkes Kabupaten Bandung sudah memeriksa keempat orang tersebut dan dipastikan mereka dalam keadaan sehat.

"Di rumah tinggalnya ada empat orang, setelah diperiksa tidak menunjukkan gejala sakit. Tetapi kita kasih penyuluhan atau pemantauan," ungkap dia.

3. Pasien sempat umrah kemudian mampir ke Thailand dan Singapura

RSHS Bandung Kembali Tangani Pasien Diduga Terpapar Virus CoronaIlustrasi. Pasien virus corona COVID-19 (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Edi menambahkan, berdasarkan riwayat perjalanan, pasien tersebut sebelumnya melakukan ibadah umrah. Sepulangnya dari tanah suci, ia melakukan perjalanan ke Thailand dan Singapura. Meski bukan dari Wuhan, menurut dia, RSHS Bandung akan memeriksa lebih lanjut pasien diduga terpapar virus corona tersebut.

"Setelah bepergian umrah, (pasien) transit ke Thailand dan Singapura. Kita sudah waspada, ketika dia bukan dari Wuhan kita (tetap) deteksi di sini, terlepas positif atau tidak harus diperiksa," tutur dia.

4. RSHS membenarkan ada satu pasien sedang dirawat di ruang isolasi

RSHS Bandung Kembali Tangani Pasien Diduga Terpapar Virus CoronaSeorang pria menggunakan masker wajah melewati patung yang dipasangi masker dekat trotoar Qianmen, akibat mewabahnya virus corona di negara tersebut, di Beijing, Tiongkok, pada 18 Februari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang)

Sementara, RSHS Bandung membenarkan ada seorang pasien diduga terpapar virus corona dan saat ini sudah masuk ruang isolasi untuk dilakukan penanganan medis.

"Pasien dengan pengawasan covid-19, masuk ke RIIKK (Ruang Isolasi Infeksi Khusus Kemuning) 21 Februari," ujar Kasubbag Humas RSHS Bandung Renny Meisuburryani saat dihubungi, Minggu (23/2).

Namun, Renny tidak menjelaskan lebih detail identitas pasien tersebut. Ia mengatakan untuk informasi lebih lanjut bisa langsung ditanyakan kepada tim yang menangani covid-19.

"Saat ini masih konfirmasi. Lebih detailnya ke tim ya," kata dia.

Baca Juga: Peneliti Eijkman Jelaskan Lengkap Rahasia Indonesia Kebal Virus Corona

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya