Waspada Lima Daerah Langganan Banjir di Bandung

Hampir semua wilayah di Kota Bandung rawan banjir

Bandung, IDN Times - Memasuki musim hujan, Kota Bandung boleh dibilang menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak titik rawan banjir. Namun hal tersebut berlaku untuk beberapa wilayah saja, terutama daerah yang berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Pemadan Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Sihar Pandapotan mengatakan, beberapa wilayah Kota Bandung memang sering dibanjiri air ketika hujan lebat datang. Namun, menurut dia, banjir tidaklah bertahan lama. 

"Bisa dibilang seluruh wilayah Kota Bandung rawan banjir, namun hal tersebut berdasarkan intensitas hujan dan lamanya hujan," ujar Sihar saat dihubungi IDN Times, Minggu (3/11/2019).

Menurut Sihar, terdapat lima wilayah yang masih menjadi langganan banjir ketika hujan turun. Wilayah-wilayah itu meliputi Bandung Timur hingga wilayah Barat Kota Bandung dan beberapa wilayah lainnya.

1. Wilayah Gedebage dan sekitarnya

Waspada Lima Daerah Langganan Banjir di BandungANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Wilayah yang terkenal dengan kawasan industrinya Kota Bandung tersebut, ternyata sering menjadi langganan banjir ketika hujan lebat datang. Di daerah ini penuh penduduk dan banyak berdiri pabrik. Setiap hujan lebat datang melanda Kota Bandung, dikatakan Sihar, Gedebage masuk wilayah yang rajin dilanda banjir.

"Gedebage sering banjir, jika hujan lebat, tapi dipastikan tidak permanen ya," ungkapnya.

2. Jalan Pagarsih Kecamatan Astanaanyar dan sekitarnya

Waspada Lima Daerah Langganan Banjir di BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Masyarakat Kota Bandung sudah familiar dengan Jalan Pagarsih. Tidak perlu ditanya lagi, jalan di Pagarsih kerap kali terputus air hujan tiap kali hujan datang. Sihar mengatakan, kebanyakan banjir dari wilayah tersebut berasal dari luapan air Sungai Citepus.

"Untuk wilayah Pagarsih, Astana Anyar dan sekitarnya, air banyak dari luapan sungai Citepus," kata dia.

3. Wilayah Bandung Timur dan sekitarnya

Waspada Lima Daerah Langganan Banjir di BandungIDN Times/Istimewa

Wilayah Bandung Timur dan sekitanya juga menjadi tempat langganan banjir. Sihar mengatakan, wilayah Bandung Timur, yang kerap menjadi tempat banjir adalah Kecamatan Ujungberung, tepatnya sekitar Rumah Sakit Hermina.

"Wilayah Ujungberung sering juga menjadi tempat langganan banjir, terutama sekitar wilayah yang berdekatan dengan Rumah Sakit Hermina," jelasnya.

4. Wilayah sekitaran Jalan Pasteur

Waspada Lima Daerah Langganan Banjir di BandungATCS Kota Bandung

Ketika hujan datang, yang paling sering di laporkan oleh warga net adalah wilayah ini. Ialah Jalan Pasteur, yang memang menjadi pintu masuk Kota Bandung dari arah Jakarta. Selain sering menjadi titik kemacetan, Jalan Pasteur juga selalu dibanjiri air ketika hujan dengan intensitas tinggi.

5. Wilayah pemukiman sekitar Antapani

Waspada Lima Daerah Langganan Banjir di BandungIDN Times/Istimewa

Wilayah pemukiman paling banyak digenangi air saat musim hujan adalah wilayah Antapani. Sihar menyebut wilayah ini kemarin, Sabtu (2/11) baru saja merasakan banjir dari intensitas hujan yang cukup tinggi. Namun Sihar kembali menekankan, banjir di wilayah Kota Bandung berbeda dengan wilayah lain. Banjir yang datang di Kota Bandung tidak bersifat permanen, melainkan hanya sesaat.

"Banjir Kota Bandung sifatnya hanya sementara, ini paling lama dua jam," katanya.

Masuk musim penghujan, Sihar menghimbau agar masyarakat yang bermukim di Kota Bandung selalu waspada. Selain itu para pengendara juga harus mempersiapkan alat-alat untuk melindungi dari banjir dan hujan.

"Masyarakat harus bekerja sama memelihara saluran air. Jangan buang sampah sembarangan dan jangan segan menghubungi Diskar PB ketika terjadi apa-apa," tuturnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya