Antisipasi Longsor, Polisi Rekayasa Jalan KM 118 Cipularang

Rekayasa lalin untuk antisipasi bekas longsor mendekat tol

Bandung Barat, IDN Times - Langkah rekayasa arus lalu lintas di Tol Cipularang KM 118+600 sudah ditentukan. Langkah tersebut disiapkan menyusul lereng bekas longsor di jalur B saat ini sudah mendekati bahu jalan.

Rekayasa lalu lintas itu untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan akibat beban kendaraan berat yang melintas di tepi lereng longsor.

Sebelumnya, lereng sisa longsoran di samping tol sebelah selatan mengalami longsor kembali pada Rabu (19/2) siang. Akibat peristiwa itu, satu operator alat berat mengalami luka.

1. Kendaraan berat harus di lajur kanan

Antisipasi Longsor, Polisi Rekayasa Jalan KM 118 CipularangIDN Times/Bagus F

Kakorlantas Polri, Irjen Istiono mengatakan jalur A atau arah Jakarta menuju Bandung masih tetap normal. Jalur menuju Bandung masih bisa dilintasi kendaraan berbagai jenis begitu pun dengan jalur B atau arah sebaliknya di samping titik longsor lereng terjadi.

"Namun, rekomendasi yang kita sepakati bahwa untuk kendaraan berat (jalur B) harus di lajur kanan, kalau untuk kendaraan kelas 1 seperti bus bisa di lajur normal," ungkap Istiono di KM 118, Rabu (19/2).

2. Contra flow disiapkan jika darurat

Antisipasi Longsor, Polisi Rekayasa Jalan KM 118 Cipularang(Tangkap Layar) IDN Times/ Doc PVMBG Badan Geologi

Jika terjadi emergency atau kondisi darurat seperti penumpukan kendaraan, kepolisian sudah menyiapkan langkah-langkah alternatif. Langkah itu dilakukan agar arus kendaraan tetap stabil.

"Untuk jangka pendeknya kita harus gunakan contra flow yang kita sudah siapkan untuk antisipasi. Dari Jasa Marga, Polri dan Dinas Perhubungan sudah siap," kata dia.

3. Jika cuaca ekstrem, kendaraan berat bakal dialihkan

Antisipasi Longsor, Polisi Rekayasa Jalan KM 118 CipularangDok. Dirlantas Polda Jawa Barat

Jika terjadi cuaca ekstrem saat perbaikan lereng dilakukan, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah alternatif yang lain dengan cara mengalihkan arus lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta melalui Padalarang Timur.

"Itu sampai di Gate Tol Jatiluhur dan rambu lalu lintas serta personel sudah kami siapkan. Kita juga sudah survei, oleh karena itu bila ada trigger masalah di titik ini akan segera kita berlakukan langkah alternatif ini," tukasnya.

4. Saat ini, penanganan longsor di KM 118 dalam pengerjaan

Antisipasi Longsor, Polisi Rekayasa Jalan KM 118 CipularangIDN Times/Bagus F

Hingga saat ini, kondisi arus lalu lintas masih berjalan seperti biasa. Baik arus kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta, maupun dengan arah sebaliknya. Sejumlah anggota kepolisian pun disiagakan di KM 118 Tol Cipularang.

Seiring dengan itu, pengerjaan tebing juga tengah dilakukan oleh PT Jasa Marga untuk penanganan pascalongsor.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya