Comscore Tracker

Antisipasi Longsor Susulan, Arus Tol Cipularang KM 118 Direkayasa

Lereng bekas longsor mendekati bahu jalan tol

Bandung Barat, IDN Times - Polisi menetapkan langkah rekayasa arus lalu lintas di Tol Cipularang KM 118+600. Hal ini dilakukan karena lereng bekas longsor sudah mendekati bahu jalan pada jalur B yakni arah Bandung menuju Jakarta.

Rekayasa lalu lintas itu untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan akibat beban kendaraan berat yang melintas di tepi lereng longsor. Sebelumnya, lereng sisa longsoran di samping tol sebelah selatan mengalami longsor kembali pada Rabu (19/2) siang. Akibat peristiwa itu, seorang operator alat berat mengalami luka.

1. Kendaraan berat harus di lajur kanan

Antisipasi Longsor Susulan, Arus Tol Cipularang KM 118 DirekayasaIDN Times/Bagus F

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan jalur A atau arah Jakarta menuju Bandung masih tetap normal sehingga bisa dilintasi kendaraan berbagai jenis kendaraan. Sementara jalur B atau arah sebaliknya yang terletak di samping titik longsor lereng terjadi akan diberlakukan rekayasa lalu lintas meski kondisinya pun masih tetap normal.

"Namun, rekomendasi yang kita sepakati bahwa untuk kendaraan berat (jalur B) harus di lajur kanan, kalau untuk kendaraan kelas 1 seperti bus bisa di lajur normal," ungkap Istiono di KM 118, Rabu (19/2).

2. Polisi siapkan sistem contra-flow untuk kondisi darurat

Antisipasi Longsor Susulan, Arus Tol Cipularang KM 118 Direkayasa(Tangkap Layar) IDN Times/ Doc PVMBG Badan Geologi

Jika terjadi situasi darurat seperti penumpukan kendaraan, polisi menyiapkan langkah-langkah alternatif agar arus kendaraan tetap stabil.

"Untuk jangka pendeknya kita harus gunakan contra flow yang kita sudah siapkan untuk antisipasi. Dari Jasa Marga, Polri dan Dinas Perhubungan sudah siap," kata dia.

Baca Juga: Menteri PUPR Sebut Longsor di KM 118 Purbaleunyi karena Ada Rembesan Air

3. Jika cuaca ekstrem saat perbaikan lereng, kendaraan berat bakal dialihkan

Antisipasi Longsor Susulan, Arus Tol Cipularang KM 118 DirekayasaDok. Dirlantas Polda Jawa Barat

Jika terjadi cuaca ekstrem saat perbaikan lereng dilakukan, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah alternatif yang lain dengan cara mengalihkan arus lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta melalui Padalarang Timur.

"Itu sampai di Gate Tol Jatiluhur dan rambu lalu lintas serta personel sudah kami siapkan. Kita juga sudah survei, oleh karena itu bila ada trigger masalah di titik ini akan segera kita berlakukan langkah alternatif ini," ujar dia.

4. Dampak longsor di KM 118 masih ditangani

Antisipasi Longsor Susulan, Arus Tol Cipularang KM 118 DirekayasaIDN Times/Bagus F

Pengerjaan tebing juga tengah dilakukan oleh PT Jasa Marga untuk penanganan pascalongsor. Sejumlah anggota kepolisian pun disiagakan di KM 118 Tol Cipularang selama pengerjaan tersebut.

Sementara itu, hingga saat ini, kondisi arus lalu lintas masih berjalan seperti biasa, baik arus kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta maupun arah sebaliknya. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Longsor Susulan di KM 118 Tol Cipularang, Seorang Pekerja Luka

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya