Comscore Tracker

Siap-siap Warga Bandung Barat, Tidak Pakai Masker Didenda Rp150 Ribu

Pemprov Jabar mulai berlakukan denda 27 Juli 2020

Bandung Barat, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam waktu dekat akan memberlakukan denda bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Keputusan ini dibuat menyusul rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akan menindak tegas warga yang melanggar protokol kesehatan.

Rencananya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal menerbitkan Peraturan Gubernur terkait denda sebesar Rp150 ribu bagi warga Jawa Barat yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga: Beda dengan Anies, Ridwan Kamil Belum Izinkan Bioskop Beroperasi

1. Sebelumnya sanksi hanya berupa teguran

Siap-siap Warga Bandung Barat, Tidak Pakai Masker Didenda Rp150 RibuIDN Times/Bagus F

Bupati Bandung Barat Aa Umbara mengatakan, Pemda KBB sebetulnya sudah menerapkan aturan wajib masker bagi warga Bandung Barat. Namun, sanksi bagi pelanggar baru berupa teguran.

"Denda yang tidak pakai masker kita mengikuti arahan karena sebetulnya kita juga merencanakan seperti itu. Masker kan wajib, cuma belum ada denda, kalau ada yang enggak pakai denda," ujar Umbara saat ditemui di Cisarua, Selasa (14/7/2020).

2. Masker wajib agar virus tidak menyebar

Siap-siap Warga Bandung Barat, Tidak Pakai Masker Didenda Rp150 RibuIlustrasi pekerja. (IDN Times/Uni Lubis)

Umbara meminta, warga Bandung Barat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di manapun beraktivitas. Dia mengatakan, meski harus beraktivitas di luar rumah, tapi tetap menjaga jarak, pakai masker, dan sering mencuci tangan.

"Pakai masker itu wajib untuk mencegah penularan, bukan hanya disiplin saat ada denda. Harus terus diterapkan sampai kondisi benar-benar aman. Karena gubernur baru menerapkan denda, nah kita akan mengikuti," ujarnya.

3. Bupati berharap warga lebih disiplin

Siap-siap Warga Bandung Barat, Tidak Pakai Masker Didenda Rp150 RibuIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Menurut Umbara, sebagian besar warga Bandung Barat sudah rajin mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Umbara berharap warga konsisten dan lebih meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan. Terlebih kasus COVID-19 di daerah tetangga terpantau masih tinggi.

"Secara umum kesadaran warga untuk pakai masker sih udah bagus. Walaupun ada beberapa yang kalau naik motor gak pakai masker. Saya berharap kita lebih disiplin lah. Karena kalau enggak, akan didenda," ujarnya.

4. Denda mulai diberlakukan 27 Juli 2020

Siap-siap Warga Bandung Barat, Tidak Pakai Masker Didenda Rp150 RibuInstagram/Ridwan Kamil

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, Pemerintah Provinsi akan melakukan tindakan tegas berupa denda sebesar Rp100 ribu sampai Rp150 ribu. Penerapan denda itu akan dimulai pada 27 Juli mendatang.

"Kami akan melakukan pendisiplinan. Karena proses edukasi sudah dilakukan, proses teguran sudah dilakukan, kini tahap pendisiplinan berupa denda. Jadi akan ada denda dengan nilai Rp100.000 sampai Rp 150.000 kepada mereka yang tidak menggunakan masker di tempat umum," kata Emil, Senin kemarin.

Baca Juga: Tangkal COVID-19, Masker Kain Dua Lapis Sama Ampuh dengan Masker Bedah

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya