Comscore Tracker

Fakta 2 Pekerja Migran yang Membawa Virus Corona B117 ke Indonesia

Kedua PMI itu pulang dari Arab Saudi akhir Januari 2021

Karawang, IDN Times - Varian baru virus corona B117 sudah masuk ke Indonesia. Virus B117 diketahui dibawa dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Keduanya pulang dari Arab Saudi pada akhir Januari 2021 lalu.

Virus corona B117 pertama menjangkiti perempuan berinisial M, warga Kecamatan Lemah Abang yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 28 Januari lalu. Sementara kasus kedua menjangkiti seorang perempuan berinisial A, warga Kecamatan Pedes yang tiba di Tanah Air pada 31 Januari.

Baca Juga: Kemenkes Diminta Lacak dan Teliti COVID-19 Varian Baru B117

1. Mereka diisolasi di Wisma Atlet Jakarta

Fakta 2 Pekerja Migran yang Membawa Virus Corona B117 ke IndonesiaTampak Wisma Atlet yang akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Karawang Fitra Hergyana mengungkapkan, setibanya di Tanah Air mereka langsung menjalani isolasi di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta.

"Nyoya M dia datang tanggal 28 Januari, dan hasil swab-nya ternyata positif. M juga bergejala. Lalu setelah itu dia dirawat di Wisma Atlet," papar Fitra saat dihubungi, Kamis (4/3/2021).

Hal yang sama pun dialami oleh perempuan berinisial A. Ia datang dari Arab Saudi pada 31 Januari 2021.

"Setelah itu sama seperti M, hasil swab tes A positif. Ia juga dirawat di Wisma Pademangan," imbuh Fitra.

2. Dua PMI itu pulang ke kampung halaman setelah negatif virus corona

Fakta 2 Pekerja Migran yang Membawa Virus Corona B117 ke IndonesiaIlustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Di Wisma Atlet keduanya harus menjalani perawatan sampai benar-benar sembuh. Setelah dilakukan swab kembali, keduanya sudah dinyatakan negatif. Mereka baru bisa pulang ke kampung halaman dengan berbekal hasil swab test negatif.

"Setelah dipastikan sembuh baru boleh pulang ke Karawang. Jadi pas pulang ke Karawang keduanya telah negatif. Sampai di Karawang tanggal 21 Februari 2020," kata Fitra.

3. Tiba di Karawang mereka menjalani tes swab lagi

Fakta 2 Pekerja Migran yang Membawa Virus Corona B117 ke IndonesiaIlustrasi tes swab (Dok. IDN Times)

Setelah sampai di Karawang, Satgas COVID-19 memastikan kedua pekerja migran itu tidak memiliki gejala apapun. Fitra mengatakan, keduanya sudah steril dari Corona B117 yang diderita sebelumnya. Namun demikian, keduanya harus diperiksa kembali demi penyelidikan lebih lanjut.

"Mereka langsung dites lagi. Kita berprinsip secepatnya langsung tracing dan berkoordinasi dengan Dinkes Jabar," ujar Fitra.

4. Menunggu hasil kajian epidemiologi soal Corona B117

Fakta 2 Pekerja Migran yang Membawa Virus Corona B117 ke IndonesiaInfografis Varian Baru COVID-19 B177 (Varian Kent) (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebagai langkah antisipasi merebaknya varian baru virus corona ini, Satgas COVID-19 Karawang meminta dua TKW untuk mengisolasi diri terlebih dahulu. Di samping itu, pihaknya bakal melakukan kajian epidemiologi untuk selanjutnya menentukan kebijakan menyikapi varian baru virus corona itu.

"Karena ini virus yang bermutasi, sehingga kami mengambil sampel dengan melakukan swab kembali kepada dua TKW ini. Untuk sementara sambil menunggu hasil di Balitbangkes, mereka di rumah dulu. Tapi kita sambil memantau dari Puskesmas dan Satgas," tuturnya.

"Intinya kita sudah merumahkan dulu yang bersangkutan dan melakukan kajian epidemiologi," katanya.

Baca Juga: Ngeri! Varian Baru B117 Lebih Mematikan Dibanding COVID-19 Sebelumnya

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya