Fakta yang Perlu Kamu Tahu dari Dua TKW Positif B117 Asal Karawang

Mereka terpapar setelah pulang dari Arab Saudi, Januari lalu

Karawang, IDN Times - Dua warga Kabupaten Karawang dinyatakan positif terinfeksi Corona B117. Mereka merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang dari Arab Saudi pada akhir Januari 2021 lalu.

Tercatat, kasus pertama Corona B117 pertama menjangkit seorang perempuan berinisial M, warga Kecamatan Lemah Abang yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 28 Januari lalu. Sementara kasus kedua menjangkit seorang perempuan berinisial A, warga Kecamatan Pedes yang tiba di tanah air pada 31 Januari.

1. Keduanya diisolasi di Wisma Atlet Jakarta

Fakta yang Perlu Kamu Tahu dari Dua TKW Positif B117 Asal KarawangTampak Wisma Atlet yang akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Karawang, Fitra Hergyana mengungkapkan, setibanya di tanah air, mereka langsung menjalani isoalsi di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta.

"Nyoya M dia datang tanggal 28 Januari, dan hasil swab-nya ternyata positif. M juga bergejala. Lalu setelah itu dia dirawat di Wisma Atlet," papar Fitra saat dihubungi, Kamis (4/3/2021).

Hal yang sama pun di alami oleh perempuan berinisial A. Ia datang dari Arab Saudi pada tanggal 31 Januari 2021. "Setelah itu sama seperti M, hasil swab test A positif. Ia juga dirawat di Wisma Pademangan," imbuh Fitra.

2. Dua TKW dipastikan steril saat pulang ke kampung halaman

Fakta yang Perlu Kamu Tahu dari Dua TKW Positif B117 Asal KarawangIlustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Keduanya harus menjalani perawatan di Wisma Atlet sampai benar-benar sembuh. Setelah dilakukan swab kembali, keduanya sudah dinyatakan negatif. Mereka baru bisa pulang ke kampung halaman dengan berbekal hasil swab test negatif.

"Setelah dipastikan sembuh baru boleh pulang ke Karawang. Jadi pas pulang ke Karawang keduanya telah negatif. Sampai di Karawang tanggal 21 Februari 2020," kata Fitra.

3. Setibanya di Karawang mereka di-swab lagi

Fakta yang Perlu Kamu Tahu dari Dua TKW Positif B117 Asal KarawangIlustrasi tes swab (Dok. IDN Times)

Setelah sampai di Karawang, Satgas COVID-19 pastikan kedua pekerja migran itu tidak memiliki gejala apapun. Fitra pastikan keduanya sudah steril dari Corona B117 yang diderita sebelumnya. Namun demikian, keduanya harus diperiksa kembali demi penyelidikan lebih lanjut.

"Mereka langsung dites lagi. Kita berprinsip secepatnya langsung tracing dan berkoordinasi dengan Dinkes Jabar," ujar Fitra.

4. Menunggu hasil kajian epidemiologi Corona B117

Fakta yang Perlu Kamu Tahu dari Dua TKW Positif B117 Asal KarawangInfografis Varian Baru COVID-19 B177 (Varian Kent) (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebagai langkah antisipasi merebaknya varian baru virus corona ini, Satgas COVID-19 Karawang meminta dua TKW untuk mengisolasi diri terlebih dahulu. Di samping itu, pihaknya bakal melakukan kajian epidemiologi untuk selanjutnya menentukan kebijakan menyikapi varian baru virus corona itu.

"Karena ini virus yang bermutasi, sehingga kami mengambil sampel dengan melakukan swab kembali kepada dua TKW ini. Untuk sementara sambil menunggu hasil di Balitbangkes, mereka di rumah dulu. Tapi kita sambil memantau dari Puskesmas dan Satgas," tuturnya.

"Intinya kita sudah merumahkan dulu yang bersangkutan dan melakukan kajian epidemiologi," katanya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya