Makin Padat, Seribu Kendaraan Masuk Lembang di Hari Kedua Long Weekend

Polisi berlakukan buka tutup jalur

Bandung Barat, IDN Times - Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi magnet wisatawan untuk menghabiskan waktu libur panjang. Arus lalu lintas di jalur wisata pun terpantau padat pada hari kedua long weekend ini.

Dari pantauan di lokasi, antrean kendaraan menuju Lembang mengular sampai Kota Bandung tepatnya di depan Kampus UPI. Sedangkan antrean dari arah barat melalui jalur alternatif jalan Kolonel Masturi, kepadatan mulai terasa di daerah Cisarua.

1. Seribu kendaraan datang, jumlah lebih tinggi dari kemarin

Makin Padat, Seribu Kendaraan Masuk Lembang di Hari Kedua Long WeekendMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

KBO Lantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah menyebutkan, kendaraan yang masuk kawasan wisata Lembang pada hari kedua long weekend sudah mencapai 1.000 unit. Volume kendaraan tersebut lebih tinggi dari pada hari pertama libur panjang kemarin.

"Dibanding hari kemarin, hari ini ada peningkatan. Diperkirakan ada seribu kendaraan masuk Lembang," ungkap Erin di Lembang, Kamis (29/10/2020).

2. Buka tutup jalur diberlakukan

Makin Padat, Seribu Kendaraan Masuk Lembang di Hari Kedua Long WeekendMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Erin mengatakan, petugas berlakukan cara bertindak (CB) one way atau buka tutup jalur untuk mengurai kemacetan. Hari ini, petugas sudah lakukan penarikan kendaraan sebanyak dua kali untuk mengurai kepadatan kendaraan.

"Hari ini lalu lintas cukup ramai dan rapat dibanding kemarin. Sebentar lagi kami akan melakukan penarikan dari atas ke bawah. Karena hasil pemantauan di Lembang kurang ruang," ujarnya.

"Kepadatan di wilayah Lembang hampir merata di seluruh wilayah, karena lokasi wisata di Lembang cukup banyak dan tempatnya cukup berdekatan," tambahnya.

3. Titik macet berada di pintu masuk objek wisata

Makin Padat, Seribu Kendaraan Masuk Lembang di Hari Kedua Long WeekendIDN Times/Bagus F

Menurut Erin, titik kepadatan muncul karena keluar masuknya kendaraan di pintu masuk objek wisata. Titik macet itu berada di pintu masuk parkir The Great Asia Africa dan pintu masuk Floating Market.

Beberapa titik yang menjadi prioritas pengaturan pihak kepolisian yakni pintu masuk objek wisata, simpang Beatrix, dan simpul kemacetan lainnya. "Ada kepadatan di beberapa titik terutama di pintu masuk objek wisata. Hari ini masih banyak kendaraan yang menuju Lembang dari arah Bandung maupun Cimahi," kata Erin.

4. Dari UPI ke Lembang butuh waktu dua jam

Makin Padat, Seribu Kendaraan Masuk Lembang di Hari Kedua Long WeekendIDN Times/Bagus F

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Gatot (42 tahun) mengatakan dirinya terjebak kemacetan cukup lama. Dari Jalan Setiabudi sampai ke pertigaan Batrix, Lembang, harus ia tempuh dengan waktu dua jam.

"Macet lama sekali, hampir dua jam dari jalan Setiabudi UPI sampai ke pertigaan Batrix, Lembang," ucap Gatot yang hendak berlibur ke Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu itu.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya