Comscore Tracker

Lembang Macet Parah, 1.000 Kendaraan Antre Menuju Tempat Wisata

Dari UPI Bandung menuju Lembang ditempuh 2 jam, macet banget

Bandung Barat, IDN Times - Masyarakat di sejumlah daerah memanfaatkan libur panjang dengan berwisata, meski pandemik COVID-19 masih mengancam Indonesia. Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi salah satu daerah magnet wisatawan untuk menghabiskan waktu libur panjang.

Arus lalu lintas di jalur wisata pun terpantau padat pada hari kedua long weekend ini, Kamis (29/10/2020). 

Pantauan di lokasi, antrean kendaraan menuju Lembang mengular panjang hingga ke Kota Bandung, tepatnya di depan Kampus UPI. Sedangkan antrean dari arah barat melalui jalur alternatif jalan Kolonel Masturi, kepadatan mulai terasa di daerah Cisarua.

1. Kepolisian mencatat 1.000 unit kendaraan masuk ke wilayah Lembang hari ini

Lembang Macet Parah, 1.000 Kendaraan Antre Menuju Tempat Wisata(Kendaraan terjebak kemacetan menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW hari kedua, jalur wisata menuju Lembang dipadati kendaraan wisatawan, dan kepolisian memberlakukan pengalihan arus untuk mengurai kemacetan) ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

KBO Lantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah menyebutkan, kendaraan yang masuk kawasan wisata Lembang pada hari kedua long weekend sudah mencapai 1.000 unit. Volume kendaraan tersebut lebih tinggi dari pada hari pertama libur panjang kemarin.

"Dibanding hari kemarin, hari ini ada peningkatan. Diperkirakan ada seribu kendaraan masuk Lembang," ungkap Erin di Lembang, hari ini.

Baca Juga: Polisi Bakal Tutup Jalur Puncak Jika Volume Kendaraan Terus Meningkat

2. Buka tutup jalur diberlakukan untuk mengurai kemacetan

Lembang Macet Parah, 1.000 Kendaraan Antre Menuju Tempat WisataMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Kepadatan lalu lintas yang terelakkan itu membuat petugas menerapkan cara bertindak (CB) one way atau buka tutup jalur untuk mengurai kemacetan. Hari ini, petugas sudah lakukan penarikan kendaraan sebanyak dua kali untuk mengurai kepadatan.

"Hari ini lalu lintas cukup ramai dan rapat dibanding kemarin. Sebentar lagi kami akan melakukan penarikan dari atas ke bawah. Karena hasil pemantauan di Lembang kurang ruang," ujar Erin.

"Kepadatan di wilayah Lembang hampir merata di seluruh wilayah, karena lokasi wisata di Lembang cukup banyak dan tempatnya cukup berdekatan," tambahnya.

3. Titik kemacetan terjadi di pintu masuk objek-objek wisata

Lembang Macet Parah, 1.000 Kendaraan Antre Menuju Tempat Wisata(Anggota kepolisian mengatur arus lalu lintas menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW hari kedua, jalur wisata menuju Lembang dipadati kendaraan wisatawan, dan kepolisian memberlakukan pengalihan arus untuk mengurai kemacetan) ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Erin menjelaskan, titik kepadatan muncul karena keluar masuknya kendaraan di pintu masuk objek wisata. Titik macet itu berada di pintu masuk parkir The Great Asia Africa dan pintu masuk Floating Market.

Beberapa titik yang menjadi prioritas pengaturan pihak kepolisian yakni pintu masuk objek wisata, simpang Beatrix, dan simpul kemacetan lainnya.

"Ada kepadatan di beberapa titik terutama di pintu masuk objek wisata. Hari ini masih banyak kendaraan yang menuju Lembang dari arah Bandung maupun Cimahi," kata Erin.

4. Saking macetnya, dari UPI Bandung menuju Lembang butuh waktu dua jam

Lembang Macet Parah, 1.000 Kendaraan Antre Menuju Tempat WisataIDN Times/Bagus F

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Gatot (42) mengatakan dirinya terjebak kemacetan cukup lama. Dari Jalan Setiabudi sampai ke pertigaan Batrix, Lembang, harus ia tempuh dengan waktu dua jam.

"Macet lama sekali, hampir dua jam dari jalan Setiabudi UPI sampai ke pertigaan Batrix, Lembang," ucap Gatot yang hendak berlibur ke Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu itu.

Baca Juga: Libur Panjang, Ini Titik Kemacetan yang Harus Diwaspadai

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya