Comscore Tracker

Ada Proyek Water Boom akan Dibangun Tepat di Atas Garis Sesar Lembang!

Pembangunan tepat di atas garis sesar Lembang yang aktif!

Bandung Barat, IDN Times - Sesar Lembang saat ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah mau pun pusat. Masyarakat yang bermukim di sekitar garis sesar yang bentangannya sepanjang 29 kilometer itu pun selalu diimbau untuk tetap waspada akan adanya pergerakan sesar yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Namun, ada yang mengagetkan.

Di tengah sosialisasi potensi bencana Sesar Lembang, tampak sebuah proyek besar sedang dibangun. Tepat di garis sesar, di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), proyek pembangunan objek wisata air berkonsep water boom tengah dikerjakan.

1. Properti water boom bekas Kampung Gajah

Ada Proyek Water Boom akan Dibangun Tepat di Atas Garis Sesar Lembang!Properti waterboom Kampung Gajah pasca pailit. (IDN Times/Bagus F)

Dari pantauan IDN Times di lokasi pada Jumat (14/2) lalu, tampak sejumlah properti permainan air menumpuk di area pembangunan. Dari informasi yang dihimpun, properti itu merupakan bekas properti water boom Kampung Gajah yang saat ini telah pailit.

Sejumlah truk terlihat keluar masuk area mengangkut bahan bangunan. Area proyek itu saat ini ditutup menggunakan seng setinggi 2 meter. Di luar area, tampak papan bertuliskan "Mohon Maaf! Untuk sementara waktu lokasi ini ditutup untuk umum karena dalam proses penataan".

Belum diketahui siapa pihak pengembang yang akan membangun water boom di sana. Yang jelas, warga setempat menyebut lokasi pembangunan water boom itu berada di lahan milik PT DAM Utama Sakti.

"Iya katanya mau dibangun water boom, tapi baru wacana. Kalau jadi dibangun, warga takut soalnya dekat sekali dengan sesar Lembang," ucap seorang warga, Ine Mutiara.

Baca Juga: Waspada! Sesar Lembang di Ujung Siklus, Guncangannya Bisa Sampai 8 MMI

2. Sementara ini, warga menolak

Ada Proyek Water Boom akan Dibangun Tepat di Atas Garis Sesar Lembang!Lokasi pembangunan waterboom di sesar Lembang.. (IDN Times/Bagus F)

Ketua RW 02 Wawan, mengakui bahwa hingga saat ini belum ada sosialisasi kepada warga terkait rencana pembangunan water boom.

Sejak awal adanya pembangunan, Wawan menyebut warga sama sekali tidak pernah dilibatkan, baik dalam perencanaan maupun proses pembangunannya.

"Jadi untuk sementara, mulai dari warga mau pun pihak RT dan RW menolak rencana pembangunan itu," kata Wawan, Minggu (16/2).

3. Lokasi water boom nantinya tepat di garis sesar

Ada Proyek Water Boom akan Dibangun Tepat di Atas Garis Sesar Lembang!Lokasi pembangunan waterboom di sesar Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Atas adanya pembangunan itu, warga yang berada di sekitar Gunung Batu mengaku resah. Dibangunnya water boom di garis sesar hanya menimbulkan dampak bencana yang lebih besar.

"Warga pasti kena imbas dari pembangunan ini, terlebih belum ada sosialisasi ke warga mau pun aparat pemerintah setempat. Padahal lokasinya di KBU dan zona sesar Lembang," ucapnya.

4. Pembangunan tidak ada izin ke pihak Desa

Ada Proyek Water Boom akan Dibangun Tepat di Atas Garis Sesar Lembang!Lokasi pembangunan waterboom di sesar Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Desa Pagerwangi, Agus Ruhidayat, juga menyatakan jika pihaknya belum menerima informasi rencana pembangunan water boom di kawasan Punclut.

"Belum, belum ada kabar ke kita," kata dia, ketika dihubungi.

Terkait rencana tersebut, Agus mengatakan, pihak desa hanya akan menuruti warga. Jika warga menolak, tentu saja pihak desa tidak akan mengizinkan pembangunan water boom di sana.

"Kalau warga tolak, tentu saja kita tidak akan memberikan izin. Bagaimana warga saja," jelasnya.

Baca Juga: 3 Sesar Aktif di Jawa Barat Selain Sesar Lembang yang Patut Diwaspadai

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya