Comscore Tracker

Suspect Virus Corona di RSHS Kerja di Kereta Cepat Jakarta-Bandung

WNA asal Tiongkok itu baru mudik 12 hari lalu

Bandung Barat, IDN Times - Warga Bandung, Jawa Barat, dihebohkan dengan dua pasien yang diduga terjangkit virus Corona. Dua pasien tersebut tengah dirawat di ruang isolasi khusus di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).

Seorang di antaranya merupakan Huang Guatiau, 31 tahun, seorang pekerja asal Tiongkok yang bekerja di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang tinggal di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

1. Pasien baru pulang dari Tiongkok 12 hari lalu

Suspect Virus Corona di RSHS Kerja di Kereta Cepat Jakarta-BandungKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto  membenarkan pasien tersebut merupakan WNA asal Tiongkok, yang statusnya sebagai pekerja proyek KCJB.

"Dua belas hari lalu, pasien ini memang baru pulang dari negaranya. Barulah, Minggu (26/1) yang bersangkutan memeriksakan diri ke Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan (RSCK Padalarang," ujar Hernawan saat ditemui di ruangannya, Senin (27/1).

Baca Juga: 97 Mahasiswa RI di Asrama Wuhan Mengurung Diri Hindari Virus Corona

2. Awalnya pasien mengeluhkan gangguan tenggorokan

Suspect Virus Corona di RSHS Kerja di Kereta Cepat Jakarta-BandungPenanganan pasien diduga terpapar virus Corona di RSHS. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sementara, Humas Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan Erlinawati mengatakan, pasien datang ke rumah sakit pada Minggu (26/1), didampingi seorang penerjemah. Awalnya, pasien ini mengeluhkan gangguan tenggorokan.

"Berdasarkan screening dan anamnesa dokter serta kebutuhan fasilitas medis, maka untuk pemeriksaan lebih lanjut pasien dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin," ungkap Erlina.

3. Menunggu hasil pemeriksaan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung

Suspect Virus Corona di RSHS Kerja di Kereta Cepat Jakarta-BandungKonferensi di Rumah Sakit Hasan Sadikin/RSHS Bandung terkait virus corona (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Hingga kini, Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan masih menunggu hasil pemeriksaan Rumah Sakit Hasan Sadikin pada pasien ini. Menurut dia, hal itu belum bisa dipastikan apakah pasien tersebut benar terpapar virus Corona atau tidak.

"Manajemen Rumah Sakit Cahya Kawaluyan masih menunggu hasil resmi pemeriksaan pasien dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, dan kami terus menjalin komunikasi dengan manajemen RSHS untuk mengetahui perkembangan pasien," kata Erlina.

4. Menggunakan masker dan menjaga daya tahan tubuh

Suspect Virus Corona di RSHS Kerja di Kereta Cepat Jakarta-Bandung(ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Erlina mengimbau agar masyarakat senantiasa mencuci tangan dan meningkatkan daya tahan tubuh, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk senantiasa rajin cuci tangan, menggunakan masker untuk pelindung diri dan menjaga kesehatan pribadi dan keluarga," kata dia.

Suspect Virus Corona di RSHS Kerja di Kereta Cepat Jakarta-Bandung(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Mahasiswa Aceh Terjebak di Wuhan, Gubernur: Aman dari Virus Corona

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya