Pendeta dan Jemaat di Lembang Asri KBB Dinyatakan Positif Corona

Jemaat yang hadir ditetapkan ODP dan bakal dites masal

Bandung Barat, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengumumkan, pasien meninggal yang sebelumnya berstatus Pasien dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan positif COVID-19.

Pasien tersebut merupakan seorang pendeta asal Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, KBB. Istri dari seorang pendeta itu juga dinyatakan positif dan tengah dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Kita punya pasien positif (COVID-19) 2 orang di Desa Cihanjuang, Parongpong KBB. Yang Pendeta satu meninggal dunia, satunya lagi istrinya yang saat ini diisolasi di RSHS Bandung," ungkap Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB, Nanang saat dihubungi, Selasa (24/3).

1. Istri dan Dokter di RSUD Lembang dinyatakan positif

Pendeta dan Jemaat di Lembang Asri KBB Dinyatakan Positif Coronafreepik.com

Nanang menjelaskan, dari riwayat perjalananya, pasien sempat mengikuti kegiatan keagamaan yang digelar di Lembang Asri, Kabupaten Bandung Barat. Selain istri pendeta yang terpapar, jemaat lainnya yang mengikuti kegiatan itu juga ikut terinfeksi positif.

Nanang menyebutkan, jemaat yang terinfeksi merupakan seorang dokter yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lembang.

"Iya. Dokter yang bekerja di RSUD Lembang jemaatnya dia, cuman dokter itu beralamat di Kota Bandung," kata Nanang.

2. Semua peserta di Lembang Asri dinyatakan ODP

Pendeta dan Jemaat di Lembang Asri KBB Dinyatakan Positif CoronaPetugas menyemprot disinfektan di dalam gereja Bongsari Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Nanang menyebutkan dari kegiatan keagamaan di Lembang Asri itu, tidak sedikit warga yang terpapar. Saat ini, petugas medis masih melakukan penelusuran jemaat yang hadir. Selanjutnya, jemaat yang hadir di kegiatan keagamaan di Lembang Asri akan dilakukan tes cepat atau rapid test.

"Acara yang di Lembang Asri memang banyak yang terpapar di sana. Sekarang sedang diidentifikasi orang-orangnya. Nanti akan langsung kita rapid test," sebutnya.

"Dinyatakan ODP (Orang dalam Pemantauan) semua yg ikut acara itu. Tindakan sementara, lokasi acara itu sudah disemprot disinfektan," imbuhnya.

3. Pendeta yang meninggal pernah ke Israel

Pendeta dan Jemaat di Lembang Asri KBB Dinyatakan Positif CoronaIlustrasi kebaktian di gereja. IDN Times/Fariz Fardianto

Dari hasil penelusuran Dinkes KBB, menurut Nanang, pendeta tersebut memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Di tengah pandemi COVID-19 di berbagai belahan dunia, pendeta tersebut masih sempat berkunjung ke negara terjangkit.

"Pendeta itu memang mobilitasnya tinggi. Dia pernah ke luar negeri ke Israel. Yang bahayanya, jemaat yang hadir di acara itu ikut tertular bahkan ada yang meninggal juga," tuturnya.

4. Update corona KBB: 67 ODP, 3 PDP, 2 positif

Pendeta dan Jemaat di Lembang Asri KBB Dinyatakan Positif CoronaIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Update sementara, Nanang menyampaikan di Kabupaten Bandung Barat per Selasa (24/3) ada 72 orang terdampak. Rinciannya, 67 ODP, 3 PDP dan 2 Positif COVID-19.

"Sekarang PDP ada 3. Satu pasien sudah selesai dipantau dan dinyatakan negatif. Yang dua lagi masih pengawasan. Semuanya ada 72 orang per hari ini. ODP meningkat menjadi 67 orang," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya