Relawan Positif, Hengky Kurniawan Suntik Vaksin Sinovac Bulan Depan

Hengky lebih khawatir vaksin merek lain

Bandung Barat, IDN Times - Ditemukannya seorang relawan Vaksin Sinovac virus corona (COVID-19) yang dinyatakan positif, tak lantas menciutkan niat Hengky Kurniawan untuk tetap jadi relawan. Wakil Bupati Bandung Barat itu mendapatkan jadwal suntik vaksin pada Selasa 13 Oktober 2020 mendatang. Kesehatan fisik dan mental pun sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari.

"Saya dijadwalkan (suntik) tanggal 13 Oktober. Kita ingin memberikan rasa nyaman kepada masyarakat. Sebagai pemimpin ya kita dulu yang cobain dulu supaya tidak ada ke khawatiran pada masyarakat," ungkap Hengky di Lembang, Sabtu (12/9/2020).

1. Hengky lebih was-was vaksin lain

Relawan Positif, Hengky Kurniawan Suntik Vaksin Sinovac Bulan DepanWakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan. (IDN Times/Bagus F)

Hengky mengatakan, dirinya tak begitu khawatir dengan adanya relawan Vaksin Sinovac yang dinyatakan positif setelah disuntik. Menurutnya, ia lebih takut pada kasus relawan vaksin AstraZeneca di Inggris yang mengalami penyakit misterius setelah disuntik.

"Kalau saya khawatirnya berita di luar negeri. Ada vaksin dari perusahaan lain yang relawannya mengalami hal aneh," kata Hengky.

Bukan berarti Vaksin Sinovac dipercaya seratus persen, melainkan menjadi relawan bagi Hengky merupakan bentuk ikhtiar. Terkait hasilnya cocok ataupun tidak, Hengky tunggu sampai proses pengujian selesai.

2. Jadwal suntik sebanyak lima kali

Relawan Positif, Hengky Kurniawan Suntik Vaksin Sinovac Bulan DepanWakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan. (IDN Times/Bagus F)

Hengky menyampaikan, dirinya mendapatkan jadwal suntik vaksin sebanyak lima kali. Suntik vaksin yang pertama akan dijalani pada 13 Oktober mendatang.

Menurut Hengky, terpaparnya relawan vaksin setelah disuntik satu kali sangat mungkin terjadi. Sebab, dari anjuran yang ia ketahui, agar tubuh kebal dari virus corona minimal harus disuntik lima kali.

"Jadwal yang saya dapat, sebanyak 5 kali suntikan. Kalau memang ada relawan keluar kota kemudian positif, itu mungkin saja terjadi," lanjut Hengky.

"Tetapi, aturan sebelum kita menjadi relawan itu akan ada swab test sebelum disuntik, tidak pernah berkomunikasi dengan pasien positif sebelumnya, tidak alergi dan beberapa syarat lain," imbuhnya.

3. Relawan yang sudah disuntik sebanyak 460 orang

Relawan Positif, Hengky Kurniawan Suntik Vaksin Sinovac Bulan DepanIlustrasi imunisasi vaksin COVID-19. IDN Times/Arief Rahmat

Diberitakan sebelumnya, seorang relawan Vaksin Sinovac dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan perjalanan dari Semarang. Meski demikian, Tim Peneliti vaksin Sinovac COVID-19 tetap melanjutkan penyuntikan pada 212 relawan.

"Relawan yang sudah disuntik total 460, hari ini rencananya kalau semua memenuhi kriteria akan ada penambahan 212 subjek," ujar Juru Bicara tim peneliti Vaksin Sinovac COVID-19, Dr Rodman Tarigan, kemarin.

4. Target selesai penyuntikan bulan Oktober

Relawan Positif, Hengky Kurniawan Suntik Vaksin Sinovac Bulan DepanIlustrasi vaksin COVID-19. IDN Times/Arief Rahmat

Penyuntikan akan disesuaikan dengan target awal kepada relawan sebanyak 1.620 orang. Rodman menyebutkan masih ada ratusan relawan yang belum disuntik. Sementara untuk relawan yang sudah disuntik, pihaknya terus melakukan pemantauan imunogenitas.

"Pada tahap awal sudah banyak disuntik, rencana penyuntikan diharapkan selesai bulan Oktober 2020. Untuk penilaian efikasi," sebutnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya