Comscore Tracker

Lagi, Warga Bandung Barat Positif Virus Corona dari Klaster Lembang

Ibu pasien mengalami gejala seperti COVID-19

Bandung Barat, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat, kembali mengumumkan pasien positif virus corona atau COVID-19 yang hadir di klaster Lembang. Terbaru, seorang pria berusia sekitar 40 tahun warga Desa Batujajar Barat, Kecamatan Batujajar.

Klaster Lembang terjadi saat kegiatan keagamaan yang digelar di sebuah hotel. Beberapa pasien dinyatakan positif virus corona setelah menghadiri acara tersebut. Pasien pertama terinfeksi virus yakni Pendeta asal Parongpong, Kabupaten Bandung Barat yang telah dinyatakan meninggal dunia.

1. Pasien positif virus corona diduga bagian dari klaster Lembang

Lagi, Warga Bandung Barat Positif Virus Corona dari Klaster LembangPetugas menyemprot disinfektan di dalam Gereja Bongsari Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengatakan, pasien positif COVID-19 tersebut merupakan seorang pria.

"Iya betul. Ada kaitan dengan klaster Lembang. Cuma saya belum cek pasti, apakah yang bersangkutan hadir langsung atau tertular dari jemaat yang hadir. Tapi yang jelas ada kaitan dengan klaster Lembang," ungkap Hernawan saat dihubungi, Minggu (29/3).

Lagi, Warga Bandung Barat Positif Virus Corona dari Klaster Lembang(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Istri Pendeta Positif Klaster Lembang Meninggal Dunia di RSHS Bandung

2. Ibu pasien mengalami gejala seperti virus corona

Lagi, Warga Bandung Barat Positif Virus Corona dari Klaster LembangIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Hernawan menjelaskan pasien tersebut sudah dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Sementara, ibu pasien yang dinyatakan positif, saat ini dilaporkan mengalami gejala seperti  COVID-19.

"Pagi ini kita pun sedang coba rujuk ibunya karena ada gejala sakit. Sekarang sedang menunggu rumah sakit yang bisa menerima," ujar dia.

3. Status ibu pasien belum dapat ditentukan

Lagi, Warga Bandung Barat Positif Virus Corona dari Klaster LembangIlustrasi (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Meski ada gejala seperti COVID-19, Hernawan menyebutkan, pihaknya belum bisa menyatakan ibu pasien positif virus corona. 

"Untuk info pastinya, saya masih menunggu laporan. Kalau sakitnya ringan masuk ODP, kalau sakitnya berat masuk PDP. Tapi yang jelas ibunya ada gejala," kata dia.

4. Kasus pertama klaster Lembang menimpa Pendeta asal Parongpong

Lagi, Warga Bandung Barat Positif Virus Corona dari Klaster LembangIlustrasi (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Perlu diketahui, kasus pertama penyebaran COVID-19 klaster Lembang menimpa seorang pendeta asal Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat, yang mengikuti kegiatan keagamaan tersebut. Pendeta itu dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu (22/3) di ruang isolasi RSHS Bandung dengan status positif.

Menyusul kasus pertama klaster Lembang, istri sang pendeta yang juga dinyatakan positif, juga meninggal dunia pada Jumat (27/3), saat menjalani perawatan di ruang isolasi RSHS Bandung.

https://www.youtube.com/embed/1XNhzcvZUL4

Baca Juga: Dokter Cimahi Meninggal karena COVID-19, Terjangkit di Klaster Lembang

Topic:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya