Comscore Tracker

Waduh, 34 Tamu Resepsi Pernikahan Keracunan Hidangan Pesta

Dua orang kritis dan dirawat di RSUD Cililin

Bandung Barat, IDN Times - Sedikitnya 34 tamu undangan di acara pesta pernikahan di Kampung Mariuk, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dilaporkan keracunan makanan. Pesta berujung petaka itu digelar pada Kamis, 13 Agustus 2020, lalu.

Setelah pesta pernikahan usai digelar, sebanyak 32 tamu yang hadir merasa mual dan muntah hingga dilarikan ke puskesmas setempat. Sedangkan, dua lainnya kritis dan dilarikan ke RSUD Cicilin. 

"Sementara ini yang masuk puskesmas ada 32 orang. Sedangkan 2 orang yang kritis. Jadi semuanya ada 34 orang. Yang kritis bahkan sampai kejang-kejang bahkan mencret juga sampai keluar darah," ungkap Kepala Desa Sirnajaya, Suhardi saat dihubungi, Sabtu (15/8/2020).

1. Diduga dari menu pesta yang digelar malam hari

Waduh, 34 Tamu Resepsi Pernikahan Keracunan Hidangan PestaIlustrasi Pasien (IDN Times/Mardya Shakti)

Pesta tersebut terbagi atas siang dan malam hari. Keracunan masal itu terjadi usai menyantap menu hidangan malam hari. Sebab, para tamu undangan di siang hari tidak ada satu pun yang merasakan hal aneh.

"Makanannya mah biasa, masakan daging ayam sama nasi. Hanya saja beda menu dengan menu yang siang," paparnya.

Baca Juga: Keracunan Massal di Yordania, Telan 826 Korban dan Tewaskan 1 Anak

2. Berharap jumlah korban tidak bertambah lagi

Waduh, 34 Tamu Resepsi Pernikahan Keracunan Hidangan PestaIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan laporan yang terakhir diterima Suhardi, sampai saat ini ada 34 orang yang terkena. Dia belum dapat memastikan apakah jumlah korban bertambah. 

"Sementara belum dicek lagi (warga keracunan) di luar 34 warga itu. Hari ini saya mau cek lagi ke Kampung Mariuk untuk memastikan jumlah yang terkena," ujarnya.

3. RSUD Cililin rawat dua orang kritis

Waduh, 34 Tamu Resepsi Pernikahan Keracunan Hidangan PestaDirut RSUD Cililin. (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Cililin, dr. Achmad Okto Rudy membenarkan ada dua orang saat ini dirawat di RSUD Cililin terkait kasus keracunan makanan.

"Sebenarnya saya juga baru dapat info. Yang masuk ke kita dua orang. Sisanya dirawat di Puskesmas Gununghalu. Mereka keracunan dari hajatan ya. Untuk kondisi terkini saya sedang cek dulu," kata Okto.

Baca Juga: Santap Soto di Acara Nikahan, Puluhan Warga Lamongan Keracunan

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya