Wisata Lembang Dibuka, Pengunjung Luar Jabar Dilarang Masuk

Tiket masuk dinaikkan 30 persen

Bandung Barat, IDN Times - Sejumlah objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi dibuka pada Sabtu (13/6). Pembukaan wisata tersebut dilakukan seiring dengan berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Bandung Barat.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengatakan, pembukaan objek wisata akan dilakukan bertahap mulai besok hari. Objek wisata yang dibolehkan beroperasi yakni wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk pembukaan wisata besok akan dilaksanakan, kita buka sedikit-sedikit dulu sambil melihat kondisi. Lalu dievaluasi setiap minggu biar tetap aman," kata Umbara saat ditemui di Lembang, Bandung Barat, Jumat (12/6).

1. Lima aparat setiap objek wisata siap siaga

Wisata Lembang Dibuka, Pengunjung Luar Jabar Dilarang MasukIDN Times/Bagus F

Umbara menyebutkan, aparat keamanan yang terdiri dari TNI-Polri bakal dilibatkan untuk menjaga protokol kesehatan agar tetap diterapkan. Sedikitnya, ada lima aparat dari TNI-Polri yang disiagakan di masing-masing lokasi wisata.

"Tadi dicek ke Farmhouse dan Terminal Wisata Grafika Cikole. Sudah bagus persiapannya hanya perlu ditambah pos siaga COVID-19 di pintu masuknya. Di sana nanti ada pengelola, TNI-Polri, dan Dinkes yang disiagakan," ujarnya.

2. Tiket masuk naik 30 persen

Wisata Lembang Dibuka, Pengunjung Luar Jabar Dilarang MasukIDN Times/Bagus F

Untuk menghindari membludaknya pengunjung, disarankan agar pengelola wisata menaikkan harga tiket masuk sebesar 30 persen. Harga tiket yang dinaikkan tersebut akan dibarengi dengan fasilitas alat pelindung diri berupa masker bagi setiap pengunjung.

"Tiket masuk dinaikkan 30 persen, kapasitas kunjungan juga dibatasi 30 persen, dan jangan dulu menerima wisatawan dari luar Jawa Barat. TNI/Polri juga akan ikut mengawasi dan membagi wisatawan ke objek wisata yang lain supaya tidak ada penumpukan di satu titik," sebut Umbara.

3. Spot foto sudah disterilisasi

Wisata Lembang Dibuka, Pengunjung Luar Jabar Dilarang MasukIDN Times/Bagus F

Sementara itu, Pengelola wisata Farmhouse, Perry Tristianto mengatakan, pihaknya siap membuka wisata dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh spot di objek wisata yang dimilikinya sudah disterilisasi dengan disinfektan, kemudian diberi tanda pembatas agar satu sama lain bisa menjaga jarak.

"Kita siap membuka wisata besok dan protokol kesehatan jadi prioritas. Kita tambah wastafel dan sediakan pengecekan suhu di pintu masuk. Sudah disepakati maksimal 30 persen kunjungan wisatawan," paparnya.

4. Pengunjung luar Jabar tidak boleh masuk

Wisata Lembang Dibuka, Pengunjung Luar Jabar Dilarang MasukIDN Times/Bagus F

Selain di Farmhouse, Perry yang juga mengelola sejumlah wisata lainnya di wilayah Lembang. Ia memastikan sudah menaikkan tiket masuk sebesar 30 persen. The Great Asia Afrika dari Rp50.000 jadi Rp65.000, Floating Market Rp20.000 jadi Rp30.000 dan Farmhouse Rp25.000 jadi Rp35.000.

"Kami tidak mau terlalu banyak orang di dalam lokasi wisata jadi tiket masuk dinaikkan 30 persen. Sementara ini kita juga belum menerima pendatang dari luar Jabar, mohon maaf," tuturnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya