Comscore Tracker

Jokowi: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Terkendala Isolasi

Pemerintah sementara fokus suplai logistik

Cimahi, IDN Times - Ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang masih tertahan di Wuhan, Tiongkok, belum bisa dievakuasi. Mereka masih terisolasi atas kebijakan pemerintah Tiongkok untuk pencegahan penyebaran virus Corona.

Pemerintah menyatakan evakuasi WNI tertahan akibat Wuhan dan puluhan kota lain masih dalam kebijakan karantina. Kendati, bantuan makanan dan kebutuhan lain terus disuplai dari pemerintah melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tiongkok.

1. Evakuasi terhambat kota-kota yang masih ditutup

Jokowi: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Terkendala IsolasiSituasi di Kota Wuhan, Tiongkok. (Istimewa)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebutkan, pemerintah Indonesia tidak bisa berbuat banyak untuk mengevakuasi WNI yang terisolasi di Wuhan dan kota-kota lain di Tiongkok. Dia berharap komunikasi WNI dengan KBRI di Beijing terus terjalin.

"Tapi sekali lagi, kota-kota itu masih dikunci. Yang paling penting komunikasi antara KBRI dengan mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang ada di sana, selalu terjalin dengan baik. Yang paling penting itu," kata Jokowi, saat kunjungan kerja di Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1).

Baca Juga: Ramai Isu Virus Corona di Samarinda, Bandara APT Pranoto: 6 Negatif

2. Pemerintah punya opsi untuk evakuasi WNI di Tiongkok

Jokowi: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Terkendala IsolasiVirus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong. (IDN Times/Yogi Pasha)

Jokowi mengatakan, pemerintah Indonesia selalu memikirkan cara untuk mengevakuasi WNI yang masih terisolasi di Kota Wuhan dan beberapa kota di Tiongkok.

"Terkait evakuasi WNI kita yang ada di Wuhan dan 15 kota lain, tentu saja pemerintah memiliki opsi untuk evakuasi," kata dia

3. Pemerintah fokus distribusi logistik untuk WNI di Tiongkok

Jokowi: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Terkendala IsolasiKondisi warga di Hong Kong di tengah penyebaran virus Corona, Selasa (28/1). (IDN Times/Yogi Pasha)

Meski demikian, kata Jokowi, pemerintahan Indonesia tidak tinggal diam. Yang bisa dilakukan sekarang ini adalah distribusi logistik kepada WNI yang terjebak di Kota Wuhan dan kota lainnya di Tiongkok.

"Dalam empat atau lima hari ini, kita akan fokus (pasokan) logistik untuk solusi sementara," kata dia.

4. Sebanyak 100 WNI di Wuhan masih terisolasi

Jokowi: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Terkendala IsolasiWisatawan mengunjungi Dazaifu memakai masker di Dazaifu, Prefektur Fukuoka, Jepang. (ANTARA FOTO/REUTERS/The Yomiuri Shimbun/Takashi Ozaki)

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri per Selasa (28/1), terdapat 100 WNI di Wuhan, yang terdiri dari 84 mahasiswa dan 16 tamu mahasiswa dari tempat lain. Sedangkan, di Provinsi Hubei secara keseluruhan terdapat 243 WNI.

Korban jiwa akibat virus Corona per Rabu (29/1) sudah mencapai lebih dari 130 orang di Wuhan, Tiongkok. Sementara, data penyebaran virus Corona per hari ini sudah mencapai 17 negara.

Belasan negara tersebut antara lain Thailand 14 orang, Hong Kong 8, Taiwan 8, Jepang 7, Makau 7, Malaysia 7, Singapura 7, Australia 5, Amerika Serikat 5, Prancis 4, Jerman 4, Korea Selatan 4, Kanada 2, Vietnam 2, Kamboja 1, Nepal 1, dan Sri Lanka 1.

Jokowi: Proses Evakuasi WNI di Wuhan Terkendala IsolasiIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Dalam Sehari, 25 Orang Meninggal Akibat Virus Corona di Tiongkok

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya