Malam Nisfu Syaban, 4 Amalan Utama dan Doa yang Dianjurkan Dikerjakan

Salah satunya agar terhindar dari wabah penyakit

Semarang, IDN Times - Malam Nisfu Syaban tahun 2022 Masehi atau 1442 Hijriah bakal menjelang . Nisfu Syaban jatuh pada Minggu tanggal 25 Februari 2024.

Nisfu Syaban artinya merupakan malam pertengahan bulan Syaban. Yakni peringatan pada tanggal 15 bulan kedelapan atau bulan Syaban dari kalender hijriah.

Baca Juga: Tuntunan Lengkap Puasa Ramadan dari PP Muhammadyah saat Wabah COVID-19

1. Nisfu Syaban tahun ini bertepatan pada Rabu 18 Maret 2022 Malam

Malam Nisfu Syaban, 4 Amalan Utama dan Doa yang Dianjurkan Dikerjakanpexels.com/Abdullah Ghatasheh

Malam Nisfu Syaban 20224 tahun ini jatuh pada Minggu (mulai Sabtu malam), 24 Maret 2022.

Nisfu Syaban adalah malam di mana dibukanya 300 pintu rahmat dan ampunan oleh Allah SWT.

Ada banyak keutamaan yang bisa diraih dengan cara beribadah, salah satunya melaksanakan puasa Syaban, dan melaksanakan shalat Tasbih.

2. Keutamaan Bulan Sya'ban yang merupakan bulan penuh berkah

Malam Nisfu Syaban, 4 Amalan Utama dan Doa yang Dianjurkan Dikerjakanm.mommyasia.id

Bulan Syaban merupakan bulan penuh berkah, Bulan Syaban merupakan bulan sebelum Ramadhan, pada Bulan Syaban Allah membukakan pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Umat Islam pada bulan ini dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah seperti puasa sunah dan memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik pada malam Nisfu Syaban.

Di malam Nisfu Syaban Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.

3. Dianjurkan untuk membaca Yasin agar terhindar dari wabah

Malam Nisfu Syaban, 4 Amalan Utama dan Doa yang Dianjurkan DikerjakanIlustrasi positif COVID-19. pixabay.com

Malam Nisfu Syaban dikenal sebagai Laylatul Bara'ah atau Laylatun Nisfe min Sha'ban di dunia Arab, dan sebagai Shab-e-barat di Afghanistan, Bangladesh, Pakistan, Iran dan India.

PBNU mengimbau masyarakat untuk membaca amalan yang biasa dilakukan oleh warga NU pada malam nisfu Syaban, diantaranya membaca surat Yasin tiga kali.

Pada masing-masing bacaan disertai niat permohonan untuk dianugerahi panjang umur dalam keberkahan dan rida-Nya, dijauhkan dari segala macam bahaya seperti fitnah, penyakit, wabah, dan sejenisnya, dan diberi kekuatan iman dengan tidak bergantung kepada sesama manusia.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Memperbanyak membaca doa di malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Syaban, 4 Amalan Utama dan Doa yang Dianjurkan DikerjakanIlustrasi (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Melansir dari artikel Tiga Amalan Utama pada Malam Nisfu Syaban yang ditulis oleh Hengki Ferdiansyah yang terbit di NU Online, Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menyebutkan setidaknya terdapat tiga amalan yang dapat dilakukan pada malam nisfu Syaban.

Tiga amalan ini disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

Pertama, memperbanyak doa. Anjuran ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

4. Membaca kalimat syahadat sebanyak-banyaknya

Malam Nisfu Syaban, 4 Amalan Utama dan Doa yang Dianjurkan Dikerjakanmuslimcouncil.org.hk

Amalan yang kedua yang dianjurkan oleh Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki di malam Nisfu Syaban yakni membaca dua kalimat mulia yakni kalimat syahadat sebanyak-banyaknya.

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة "لا إله إلا الله محمد رسول الله".

Artinya, “Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”

5. Memperbanyak membaca istighfar

Malam Nisfu Syaban, 4 Amalan Utama dan Doa yang Dianjurkan DikerjakanMuslimobsession.com

Tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Meski manusia merupakan sering melakukan dosa dan kesalahan namun Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun.

Menurut Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Karenaya, meminta ampunan (istighfar) sangat dianjurkan terlebih lagi di malam nisfu Sya’ban.

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم
Artinya, “Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.

Demikian amalan-amalan yang dianjurkan dikerjakan di malam Nisfu Sya'ban atau malam pertengahan bulan Sya'ban. Tak terasa ya setelah bulan Syaban ini umat Islam akan segera memasuki Bulan Ramadhan.

Baca Juga: Tradisi Dandangan Sambut Ramadan di Kudus Tahun Ini Ditiadakan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya