Comscore Tracker

BMKG: Waspada! Puting Beliung Ancam Jateng Bagian Selatan

Masyarakat diimbau waspada

Cilacap, IDN Times - Cuaca tak bersahabat masih mengintai wilayah Jawa Tengah bagian selatan. Angin puting beliung masih berpotensi terjadi di kawasan ini, Rabu (11/12).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan untuk kawasan ini. BMKG meminta masyarakat waspada.

Baca Juga: Hujan Lebat Dalam Waktu Singkat, Pohon-pohon di Semarang Bertumbangan

1. Wilayah Jateng bagian selatan masih mengalami transisi hari ini

BMKG: Waspada! Puting Beliung Ancam Jateng Bagian SelatanPrakiraan angin BMKG tanggal 11 Desember 2019/BMKG.go.id

Analis Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan angin puting beliung masih berpotensi terjadi hari ini Rabu, (11/12).

"Potensi terjadinya angin puting beliung tersebut disebabkan beberapa wilayah Jateng selatan masih dalam masa transisi," katanya di Cilacap, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya angin puting beliung saat hujan lebat.

2. Salah satu petanda puting beliung, siang hari terasa panas terik

BMKG: Waspada! Puting Beliung Ancam Jateng Bagian Selatanhttps://www.freepik.com/free-photo/hat-through-window-car_3553909.htm#page=1&query=sun%20shine&position=32

Menurut dia, potensi angin puting beliung dapat terjadi terutama ketika kondisi cuaca pada pagi hingga siang hari terlihat cerah dan panas terik.

"Akan tetapi saat menjelang sore hingga sore hari atau menjelang malam hari, ada awan Cumulonimbus (CB) yang berpotensi hujan lebat dengan durasi singkat yang disertai petir dan angin kencang," katanya.

Ia mengatakan awan CB yang berpotensi mengakibatkan terjadinya hujan lebat dengan durasi singkat yang disertai petir dan angin kencang atau puting beliung itu berbentuk seperti bunga kol yang menjulang serta berwarna hitam gelap.

Menurut dia, angin puting beliung memiliki karakteristik berupa durasi yang singkat atau sekitar 10 menit dan lokasi kejadiannya sangat lokal dengan luasan berkisar 5 sampai 10 kilometer sehingga sulit diprediksi.

"Selain itu, angin puting beliung kecil kemungkinan terjadi kembali di tempat yang sama," katanya dilansir dari Antara.

3. BPBD Banyumas imbau masyarakat waspada, cari tempat aman

BMKG: Waspada! Puting Beliung Ancam Jateng Bagian SelatanANTARA FOTO/Yusran Uccang

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas Ariono Poerwanto mengimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hujan disertai angin kencang.

"Kalau terjadi hujan disertai angin kencang saat di jalan, carilah tempat berteduh yang sekiranya aman," katanya.

Ariono mengatakan hal itu terkait dengan kejadian belasan pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, pada hari Sabtu (7/12).

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Bangunan Kantor Dishanpan Jateng Rusak Diterjang Angin Kencang

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya