Bantu Urban Farming di 18 Lokasi, BRI Apresiasi Perjuangan Kartini

Total bantuan yang diberikan Rp1,8 miliar

Jakarta, IDN Times – Peringatan Hari Kartini dimaknai sebagai momen penyemangat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas perempuan dalam rangka mengisi pembangunan. BRI melalui program Tanggung Jawab Sosial khususnya di bidang lingkungan berupaya mengapresiasi akan perjuangan Kartini dan meneruskan keteladanannya dengan menyelenggarakan kegiatan yang secara nyata dapat mendorong kualitas hidup kaum perempuan di Indonesia.

Salah satunya yang dijalankan BRI adalah  program “BRI Peduli Woman Comuni-Tree” berupa pemberian bantuan urban farming bagi kelompok PKK, kelompok usaha wanita atau kelompok wanita yang tersebar di 18 wilayah di Indonesia. Secara keseluruhan total bantuan untuk kegiatan urban farming BRI tercatat Rp1,8 miliar.

1. Harapan dari kegiatan urban farming yang BRI sokong

Bantu Urban Farming di 18 Lokasi, BRI Apresiasi Perjuangan KartiniBRI menggelar Program “BRI Peduli Woman Comuni-Tree” berupa pemberian bantuan urban farming bagi kelompok PKK, kelompok usaha wanita atau kelompok wanita yang tersebar di 18 wilayah di Indonesia. (Dok. BRI)

Bantuan kegiatan urban farming tersebut diharapkan dapat menjadi wadah atau saluran positif untuk menyalurkan kegemaran kaum wanita sekaligus menjadi sarana dalam mendorong kelestarian lingkungan sekitar.

Bantuan urban farming yang diberikan berupa pembangunan fisik seperti rumah tanaman, green house, dan infrastruktur lain untuk menunjang jalannya kegiatan tersebut. Selain itu, BRI memberikan bantuan tanaman yang bernilai ekonomi seperti tanaman sayur-sayuran, tanaman buah-buahan, tanaman obat keluarga (toga) dan tanaman hidroponik. Selanjutnya urban farming ini akan dikelola kelompok PKK, kelompok usaha wanita, dan kelompok wanita yang berada di wilayah tersebut. 

Baca Juga: BRI Bagi Resep agar Masyarakat Makin Aman Transaksi Keuangan Digital

2. Bantuan urban farming bentuk kepedulian dan tanggung jawab BRI

Bantu Urban Farming di 18 Lokasi, BRI Apresiasi Perjuangan KartiniGedung Bank BRI (Dok. Bank BRI)

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab BRI dalam mendukung kelestarian lingkungan.

“Peringatan Hari Kartini juga dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas dan peran perempuan di segala sektor. Secara bertahap bantuan urban farming tersebut disalurkan di 18 wilayah di Indonesia," ungkap Aestika.

3. Kegiatan urban farming BRI juga melibatkan Srikandi BRI

Bantu Urban Farming di 18 Lokasi, BRI Apresiasi Perjuangan KartiniBRI menggelar Program “BRI Peduli Woman Comuni-Tree” berupa pemberian bantuan urban farming bagi kelompok PKK, kelompok usaha wanita atau kelompok wanita yang tersebar di 18 wilayah di Indonesia. (Dok. BRI)

Dalam pelaksanannya, kegiatan urban farming juga melibatkan Srikandi BRI, yaitu komunitas di bawah naungan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang beranggotakan pekerja perempuan BRI Group baik yang masih aktif maupun purnatugas dan mengambil peran dalam memberdayakan perempuan dalam bidang kewirausahaan sosial dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kelompok usaha wanita yang menjalankan urban farming nantinya akan berkoordinasi dengan Srikandi BRI di wilayah setempat yang harapannya bisa saling berkolaborasi untuk bisa mewujudkan lingkungan yang sehat dan lestari,” ujarnya.

Aestika menambahkan bahwa “BRI Peduli Woman Comuni-Tree” merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian BRI dalam mendukung kelestarian lingkungan serta wujud nyata pemberdayaan kaum perempuan. Kegiatan urban farming diharapkan dapat mereduksi polusi lingkungan, menambah keasrian lingkungan, serta mengurangi sampah rumah tangga. (WEB)

 

Baca Juga: Bank BRI Kembali Tercatat Jadi Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya