Gandeng KKP, Bank BRI Dorong Literasi Keuangan Terhadap Nelayan  

Upaya Bank BRI bantu mengentaskan masalah kemiskinan

Morodemak, IDN Times – Program Pemberdayaan Kepada Nelayan Tangkap merupakan program yang diusung PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mendorong literasi keuangan terhadap para nelayan di di Morodemak, Jawa Tengah (19/02). 

Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil tangkap nelayan dan memberikan keterampilan untuk pengolahan ikan sehingga memiliki nilai lebih. Pemberdayaan yang dilakukan tidak hanya kepada nelayan, namun juga kepada istri nelayan.

1. Program Pemberdayaan Kepada Nelayan Tangkap strategi mengentaskan kemiskinan

Gandeng KKP, Bank BRI Dorong Literasi Keuangan Terhadap Nelayan  IDN Times/Bank BRI

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari, menyebutkan kerja sama ini merupakan bentuk upaya Bank BRI mengentaskan kemiskinan melalui perluasan akses dan edukasi keuangan kepada masyarakat pesisir. Saat ini jumlah nelayan di Morodemak tercatat 1.085 orang terdiri dari 160 pemilik kapal, 925 anak buah kapal (ABK). 

“Dengan adanya sinergi antara Bank BRI dengan KKP harapannya mampu memberikan nilai tambah sehingga menggerakkan ekonomi kerakyatan bagi nelayan di Morodemak,” imbuhnya.

2. Bank BRI dan KKP meluncurkan KUSUKA untuk para nelayan

Gandeng KKP, Bank BRI Dorong Literasi Keuangan Terhadap Nelayan  IDN Times/Bank BRI

Dalam kegiatan ini, nelayan akan mendapatkan pelatihan bersertifikasi dan praktik pengolahan ikan sehingga mampu meningkatkan kapasitas maupun kapabilitas usahanya. Sebelumnya, Bank BRI bersama KKP telah meluncurkan Kartu Pelaku Utama Sektor Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) sebagai identitas tunggal pelaku usaha yang tervalidasi secara online sehingga memudahkan akses layanan jasa perbankan, sarana efektif untuk menentukan kebijakan, monitoring dan evaluasi program pemerintah. 

“Untuk tahap awal telah dicetak lebih dari seribu kartu khusus piloting di Jawa Tengah, selanjutnya akan diterapkan secara Nasional,” urai Supari. 

3. Penyaluran KUR Bank BRI tercatat sebesar Rp17 T di wilayah Jawa Tengah

Gandeng KKP, Bank BRI Dorong Literasi Keuangan Terhadap Nelayan  IDN Times/Bank BRI

Bank BRI juga terus mendukung program pemerintah melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), tak terkecuali kepada nelayan. Hingga akhir Desember 2019, tercatat BRI telah menyalurkan KUR di Jawa Tengah sebesar Rp17,1 triliun atau setara 19,1% dari total KUR yang disalurkan BRI di tahun 2019 sebesar Rp87,9 triliun. 

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya