Ikut Lestarikan Batik, Bank BRI Dukung ‘Membatik untuk Negeri’ 

Bank BRI mengajak untuk menjaga dan merawat batik bersama

Solo, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk turut merayakan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober setiap tahunnya. Tahun ini, Bank BRI mendukung pagelaran “Membatik untuk Negeri” di Istana Mangkunegaran, Surakarta, yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan bahwa dukungan Bank BRI terhadap event “Membatik untuk Negeri” merupakan bentuk nyata kepedulian perseroan dalam melestarikan batik. “Batik merupakan intangible heritage dari Indonesia dan diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Untuk itu, tentu harus kita jaga, rawat, dan lestarikan bersama,” tutur Sunarso.

1. Pembelajaran batik diharapkan masuk ke kurikulum sekolah

Ikut Lestarikan Batik, Bank BRI Dukung ‘Membatik untuk Negeri’ IDN Times/Bank BRI

Selain membatik, di event tersebut Presiden Joko Widodo bersama Yayasan Batik Indonesia akan meluncurkan Buku Batik Indonesia dalam bentuk buku saku dan e-book sehingga masyarakat dapat mempelajari pengetahuan umum tentang batik secara mudah. Buku tersebut juga dilengkapi teknologi AR (Augmented Reality) agar masyarakat dapat berkegiatan interaktif pada saat membaca. Ke depan, pembelajaran batik juga diharapkan dapat masuk ke kurikulum sekolah sehingga batik sebagai warisan budaya dapat terus terregenerasi.

2. Bank BRI membina pembatik melalui Rumah Kreatif BUMN

Ikut Lestarikan Batik, Bank BRI Dukung ‘Membatik untuk Negeri’ IDN Times/Bank BRI

Dalam acara tersebut, Bank BRI juga mendatangkan 10 pembatik yang merupakan anggota Rumah Kreatif BUMN (RKB) Solo dan RKB Yogya untuk hadir. Sunarso menambahkan, di Solo Raya, Bank BRI memiliki 73 ribu binaan yang tergabung di RKB, 60 persen di antaranya merupakan pembatik.

“Batik merupakan karena karya seni, maka keunikannya yang tidak bisa distandarkan secara manufaktur, itu yang harus kita jaga misalnya sentuhan seninya, handmade, itu yang mesti dijaga, maka nilai tambah ada di situ. Jadi kita arahkan ke sana sehingga pembinaan kita adalah membina untuk menjaga sifat orisinalnya yg nonpabrikan dan tampilan lebih menarik dan bisa akses pasar internasional dan kita fasilitasi transaksinya,” tutur Sunarso.

3. Bank BRI pun menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan akan batik kepada seluruh pekerjanya

Ikut Lestarikan Batik, Bank BRI Dukung ‘Membatik untuk Negeri’ IDN Times/Bank BRI

Dalam rangka Hari Batik Nasional, Bank BRI juga mewajibkan seluruh pekerjanya yang berjumlah kurang lebih 124 ribu di seluruh Indonesia untuk memakai batik pada Rabu (02/10). Hal tersebut merupakan upaya perseroan untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan akan batik kepada seluruh pekerjanya. 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya